Inilah 6 Cara Mengatasi Ponsel Yang Tidak Bisa Mengirim Pesan / Sms

Inilah 6 Cara Mengatasi Ponsel yang Tidak Bisa Mengirim Pesan / SMS

 Cara Mengatasi Ponsel yang Tidak Bisa Mengirim Pesan  Inilah 6 Cara Mengatasi Ponsel yang Tidak Bisa Mengirim Pesan / SMS

Cara mengatasi ponsel yang tidak bisa mengirim pesan - Masalah dalam mengirim SMS ini dialami oleh semua tipe ponsel pintar baik samsung, oppo, asus, vivo dan lain - lain. Pesan yang gagal di kirim ditandai dengan warna merah atau tanda seru yang menyatakan bahwa pesan tidak mampu di kirim ke nomor yang di tuju.

Padahal paket SMS masih ada, pulsa masih ada dan era aktif kartu masih lama. Tapi, ketika mengirim pesan tetap saja gagal. Ada beberapa cara untuk mengatasi problem mengantarpesan ini.

Penyebab kenapa ponsel selalu gagal atau usang dalam mengantarpesan ialah jaringan yang tidak stabil (umumnya sebab cuaca jelek), kala aktif kartu sim telah kadaluarsa, problem internal android, nomor SMSC salah dan pengaturan jaringan.

Oke, berikut yakni beberapa cara yang mampu anda coba untuk memperbaiki problem gagal mengirim pesan di android anda.

1. Aktifkan izin aplikasi pesan

Jika anda selalu gagal dalam mengirim SMS mungkin ada izin pada aplikasi pesan yang tidak di aktifkan. Oleh sebab itu, anda mesti mengaktifkannya agar SMS bisa terkirim. Caranya :

Anda masuk ke pengaturan > aplikasi > cari aplikasi pesan > masuk ke menu izin > aktifkan semua izin yang ada. Setelah itu, anda kirim pesan ulang maka pesan akan cepat terkirim sebab izin aplikasi sudah di aktifkan.

2. Ubah SMSC aplikasi pesan

Anda tidak bisa mengantarSMS karena SMSC pada setelan aplikasi pesan telah berubah atau di rubah. Anda mesti mengubahnya ke nomor SMSC yang benar sesuai dengan provider kartu SIM yang anda pakai.

Untuk melihat nomor SMSC, anda masuk ke aplikasi pesan > tekan tombol titik tiga di pojok kanan atas > pilih setelan > pilih setelan SMS > pilih SMSC. Letak nomor SMSC berlainan - beda di setiap tipe ponsel, anda cari sendiri sesuai dengan tipe smartphone anda.

Setelah anda menemukan nomor SMSC, silahkan ganti nomornya sesuai dengan provider yang anda gunakan :

XL = +62818445009 atau +628184450095
AXIS = +628315000032
Indosat = +628216124 atau +628550000
Telkomsel = +6281100000
Smartfren = +628811223344
Tri (3) = +6289644000001

Setelah anda masukan nomor sesuai provider yang anda gunakan, tekan simpan dan coba kirim ulang SMS yang tadi dan pasti pengantaran SMS akan berhasil.

3. Hapus data aplikasi pesan

Anda mampu mencoba meniadakan data dan cache pada aplikasi pesan. Cache yang menumpuk pada sebuah aplikasi membuat beberapa kinerja pada aplikasi mengalami error dan untuk mengatasinya maka harus menghapusnya.

Anda bisa menghapus cache menggunakan aplikasi pembersih atau melalui pengaturan dengan cara masuk ke setelan ponsel > aplikasi > cari aplikasi pesan > hapus data. Setelah itu, anda coba kirim pesan lagi ke nomor yang anda tuju.

4. Jangan menggunakan 4G only

Bagi anda yang menggunakan jaringan 4G pada ponsel maka ubah ke jaringan lain. Jaringan 4G only lazimnya akan mengusik jalur komunikasi seperti SMS dan telepon, anda bisa mengubah mode jaringan di pengaturan smartphone.

Masuk ke pengaturan > pilih menu jaringan seluler > jaringan yang di pilih > ubah jaringan ke 3G. Letak menu jaringan berlawanan - beda di tiap ponsel, silahkan sesuikan dengan tipe ponsel pintar anda.

Baca juga : berhati-hati ! Inilah 4 penyebab ponsel meledak ketika di cas

Jika anda resah mampu lewat isyarat dial *#*#4636#*#* lalu timbul sajian maka pilih berita telepon. Anda bisa pilih LTE/UMTS auto (PRL) atau LTE/GSM auto (PRL). Setelah anda mengganti setelan jaringan, anda kirim ulang SMS maka SMS akan terkirim dan masalsh diselesaikan dengan cepat.

5. Periksa nomor yang anda tuju

Anda tidak mampu mengantarpesan ke nomor yang anda tuju tetapi ketika mengirim pesan selain nomor tersebut selalu terkirim. Hal itu bermakna nomor tersebut sudah di blokir atau tidak aktif, nomor yang tidak aktif sudah tidak bisa di telpon atau di kirim pesan.

Sebaiknya anda cari tahu apakah nomor yang anda tuju itu tidak aktif. Jika masih aktif dan tetap tidak bisa mengantarpesan maka anda mesti melakukan beberapa langkah perbaikan.

6. Tunggu sampai pesan terkirim

Pesan anda tidak segera terkirim mungkin alasannya adalah jaringan yang sedang bermasalah. Masalah pada jaringan umumnya terjadi pada waktu hujan lebat, mati listrik dan kawasan minim sinyal.

Jika terjadi seperti ini maka anda hanya perlu menanti dan tidak perlu melakukan beberapa perbaikan alasannya adalah masalahnya hanya ada pada jaringan. Saat jaringan telah kembali wajar maka pesan akan terkirim ke nomor yang di tuju.

Jika telah beberapa jam tetap tidak terkirim juga maka coba langkah perbaikan lain atau menelepon provider yang anda pakai melalui media sosial.

Demikian yang bisa saya sampaikan, biar berfaedah buat anda dan keluarga. Jangan lupa untuk membaca postingan yang lain di blog Magersena ya sahabat - sobat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel