Cara Ampuh Menanggulangi Ponsel Tidak Bisa Menginstall Aplikasi (Di Playstore Maupun Di Luar Playstore)

Cara Ampuh Mengatasi Ponsel Tidak Bisa Menginstall aplikasi (di Playstore Maupun di Luar Playstore)

Cara Ampuh Mengatasi Ponsel Tidak Bisa Menginstall aplikasi  Cara Ampuh Mengatasi Ponsel Tidak Bisa Menginstall aplikasi (di Playstore Maupun di Luar Playstore)

Cara menanggulangi ponsel tidak mampu menginstall aplikasi - Aplikasi ialah hal yang penting dalam ponsel, tanpa aplikasi ponsel tidak ada gunanya sama sekali. Beberapa orang sering mengalami problem menginstall aplikasi di ponsel, ada orang yang mampu mengatasinya dan ada yang kebingungan.

Menginstall aplikasi di playstore  terlihat lebih mudah, praktis dan cepat. Tapi, ada juga pengguna yang lebih senang menginstall aplikasi atau game di luar playstore alasannya alasan tertentu.

Saat mirip ini pasti timbul duduk perkara ialah aplikasi tak inginterinstall baik di playstore atau di luar playstore. Masalah ini ada alasannya penyebab tertentu, aku akan menunjukkan beberapa penyebab dan cara menangani ponsel yang tidak bisa install aplikasi.

Penyebab ponsel tidak bisa menginstall aplikasi

Sebelum aku menerangkan cara mengatasinya, anda harus mengenali terlebih dulu penyebab ponsel tidak mampu menginstall aplikasi supaya mampu memilih langkah sempurna untuk memperbaikinya.

1. Tidak mengaktifkan izin aplikasi

Alasan utama anda tidak mampu menginstall aplikasi di luar playstore adalah tidak mengaktifkan izin aplikasi untuk menginstall aplikasi di luar playstore.

Jika anda menonaktifkannya maka anda hanya mampu menginstall aplikasi dari playstore saja dan dikala menginstall aplikasi di luar playstore maka akan di cekal.

2. Sering menginstall dan menghapus aplikasi

Jika anda menginstall aplikasi tapi prosesnya lama sekali, bisa jadi anda belakangan ini sering menginstall dan menghapus aplikasi berulang - ulang dalam satu waktu. Hal itu pasti bisa membuat metode ponsel mengalami sedikit error dan folder yang semakin menumpuk.

3. Memori internal sarat

Anda niscaya sudah tahu kalau memori penyimpanan android hampir penuh maka akan muncul peringatan bahwa ponsel tidak bisa menginstall aplikasi dan memperbesar file lagi. Selain itu, memori internal yang sarat juga bisa menjadikan duduk perkara lain seperti melambatnya respon ponsel dan ram kian terkuras habis.

4. Versi android anda tidak mendukung

Aplikasi yang tersedia di luar playstore rata - rata mampu di install pada model android di atas 4.0, kalau versi ponsel android anda di bawah angka tersebut maka ada sebagian aplikasi yang tidak mampu di install sebab metode tidak mendukung.

Cara biar bisa  tetap menginstall aplikasi maka gunakan playstore sebab di playstore terdapat banyak aplikasi yang mampu anda install dan sesuai dengan tata cara android anda.

5. Aplikasi belum full size

Saat anda ingin menginstall aplikasi dan timbul pesan "terjadi duduk perkara ketika mengurai paket". Hal itu mengambarkan bahwa aplikasi belum final tepat, pasti anda belum selesai download aplikasinya atau ada data yang belum di siapkan.

6. Aplikasi sudah rusak

Penyebab aplikasi tidak mampu di install bisa jadi alasannya aplikasi memang telah rusak atau error. Mungkin ada program dalam aplikasi yang membuat aplikasinya tidak bisa di install. Anda mampu cari acuan lain agar bisa di install tepat.

7. Terdapat bug pada ponsel

Proses menginstall aplikasi sungguh usang mungkin disebabkan oleh bug atau dilema kecil pada ponsel. Jika telah ada bug pada ponsel maka mengulangi install aplikasi pun risikonya akan tetap sama.

Cara menangani ponsel tidak bisa menginstall aplikasi

Anda telah mengenali beberapa penyebabnya, sekarang pertimbangkan apa penyebab utama ponsel anda tidak mampu install aplikasi. Jika masalahnya sepele niscaya akan gampang di atasi namun bila masalahnya rumit, anda butuh sedikit usaha. Berikut beberapa cara mengatasinya.

1. Restart ponsel anda

Hal pertama yang mampu anda kerjakan ialah me-restart ponsel untuk mengembalikan tata cara dan memperbaiki error - error kecil pada ponsel. Setelah proses restart tamat, silahkan anda coba install aplikasi yang anda harapkan baik di playstore maupun di luar playstore.

2. Aktifkan izin aplikasi

Izin aplikasi (sumber tidak diketahui ) ialah hidangan yang menciptakan anda mampu menginstall aplikasi di luar playstore. Saat izin ini tidak di aktifkan maka pemasangan aplikasi di luar playstore akan di cekal.

Baca juga : cara menanggulangi ponsel tidak mampu mengirim pesan / SMS

Untuk mengaktifkan izin ini, anda harus masuk ke aplikasi pengaturan > keamanan > cari sumber tidak dikenal > aktifkan. Setelah itu, anda install aplikasi yang anda inginkan, niscaya akan sukses.

3. Bersihkan sampah di penyimpanan ponsel

Jika memori internal anda penuh maka anda tidak mampu menginstall aplikasi dan memperbesar file di penyimpanan ponsel. Oleh sebab itu, anda harus menghapus beberapa sampah untuk memperlihatkan ruang semoga bisa menginstall aplikasi.

Anda bisa meniadakan aplikasi yang jarang digunakan atau tidak dibutuhkan lagi dan meniadakan file - file besar yang telah tidak digunakan lagi. Dengan meniadakan beberapa file dari memori internal maka anda bisa menginstall aplikasi yang anda inginkan baik di playstore maupun di luar playstore.

4. Hapus cache semua aplikasi

Cache adalah file yang cuma membuat momori internal menjadi sempit. Jika anda sudah usang tidak meniadakan cache maka ukurannya akan semakin besar dan penyimpanan habis karena file satu ini.

Dengan menghapus cache semua aplikasi maka ruang penyimpanan akan bertambah dan anda bisa menginstall beberapa aplikasi sekaligus. Untuk menghapus cache, anda harus masuk ke pengaturan > penyimpanan > pilih data dalam cache > hapus.

Jika tidak ada maka bisa melalui aplikasi > cari aplikasi yang sering anda pakai > hapus cache. Tata letak pengaturan berlainan - beda di setiap ponsel maka sesuaikan saja dengan tipe smartphone anda.

5. Hapus data aplikasi playstore

Saat menginstall aplikasi di playstore tetapi tetap dalam tahap "menanti di download" mungkin ada sedikit dilema pada aplikasinya. Anda bisa mengatasinya dengan langkah kecil mirip merestart ponsel tapi jika tidak sukses maka anda harus meniadakan data playstore.

Untuk menghapus data playstore, anda harus masuk ke pengaturan > aplikasi > pilih aplikasi playstore > hapus data. Setelah itu, anda masuk ke playstore lagi dan coba download aplikasi tadi.

6. Update playstore ke model terbaru

Aplikasi playstore versi usang mungkin mempunyai sedikit persoalan utamanya dilema download yang sering macet atau tidak berlangsung. Oleh sebab itu, anda harus memperbarui playstore ke versi terbarunya.

Anda bisa download aplikasi playstore versi modern lewat google. Harap download aplikasi dari sumber yang terpercaya biar tidak terjadi problem yang lain.

7. Tingkatkan versi android anda

Versi android anda harus di atas 4.0 semoga mampu menginstall beberapa aplikasi di luar playstore, aplikasi yang mampu di install pada android di bawah 4.0 sungguh sedikit. Oleh alasannya itu, anda mesti update android anda ke model modern atau naik ke versi 4.0

Cara update versi android cukup rumit, seharusnya anda cari panduan yang terperinci agar proses update berjalan dengan lancar.

8. Reset android anda

Anda telah menjajal semua cara yang tersedia tapi tidak sukses juga. Cara satu - satunya ialah dengan mereset android anda ke pengaturan pabrik alasannya dengan melakukan itu semua tata cara yang error akan langsung terselesaikan tergolong tidak bisa menginstall aplikasi.

Cara reset android bisa melalui pengaturan > cadangkan dan setel ulang > kembalikan ke setelan pabrik > reset ulang telepon. Cara reset di tiap ponsel berbeda - beda, silahkan sesuaikan dengan tipe ponsel pintar anda.

9. Nonaktifkan play protect

Play protect berfungsi untuk melindungi android dari penginstallan aplikasi yang mencurigakan. Jika fitur ini diaktifkan maka beberapa aplikasi mungkin tidak mampu di install, anda mesti menonaktifkannya biar bisa menginstall aplikasi.

Baca juga : inilah 4 penyebab ponsel meledak saat di cas

Cara menonaktifkannya, anda harus masuk ke aplikasi playstore > tekan garis tiga di pojok kiri atas > pilih play protect > pilih icon gir di pojok kanan atas > nonaktifkan kedua fitur yang ada. Jika tata letak fitur play protect berbeda maka sesuaikan saja dengan playstore di ponsel anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel