Ciri - Ciri Baterai Tanam Smartphone Yang Kembung

Ciri - Ciri Baterai Tanam Smartphone yang Kembung

 Ciri Baterai Tanam Smartphone yang Kembung Ciri - Ciri Baterai Tanam Smartphone yang Kembung


Di dalam kehidupan, kita tidak lepas dari yang namanya smartphone. Telepon berilmu ini sering kita gunakan saban hari, setiap jam bahkan setiap menit.  Smartphone sudah menjadi pusat kebutuhan kita dalam kehidupan. Tapi, banyak sekali macam problem pada ponsel pintar menjadi dilema serius. 

Masalah pada smartphone mampu berupa hp yang ngedrop, baterai hp error, baterai cepat habis dan baterai mampu kembung. Disini kita akan membahas beberapa ciri baterai tanam ponsel pintar yang kembung. Baterai ponsel pintar terbagi menjadi 2 adalah baterai removable (mampu dibuka) dan non - removable (tidak mampu dibuka) atau disebut baterai tanam.

Setiap jenis baterai pasti memiliki kemampuan yang berlainan. Anda harus menentukan smartphone yang mempunyai kualitas baterai yang tinggi. Anda mesti menimbang-nimbang apalagi dulu ketika memakai ponsel pintar dengan tipe baterai tanam. Perkembangan teknologi juga menjadi penyebab terciptanya baterai yang berkualitas. 


Kelebihan pada baterai tanam (non - removable)


Desain ponsel pintar menjadi lebih tipis sehingga terlihat keren dan berkelas. Smartphone menjadi lebih lebar sebab tidak tampaknya baterai.

Baca juga : 4 cara gampang mematikan smartphone baterai tanam yang bootloop

Ketahanan smartphone baterai tanam lebih tahan usang  dan telah di uji oleh vendor dari ponsel pintar yang memiliki mutu baterai manis. Anda tidak akan takut baterai terlepas saat casing belakang ponsel pintar dibuka. Memiliki daya baterai yang tahan lama. Baterai Li-ion  memiliki kemampuan baterai setahun sebelum kemampuan batetai menurun.

Sedangkan di tipe baterai tanam mampu sampai 2 - 3 tahun sebelum anda mencicipi kesanggupan baterai ponsel pintar menurun. Selain itu, kita mampu lebih bebas dalam charge smartphone kita. Misalnya baterai di ponsel pintar anda baru 70% dan anda ingin charge ponsel sampai 100% kembali. Maka charge saja sebab kemampuan baterai tanam itu sudah teruji dan berpengaruh.


Kerugian memakai baterai tanam (non - removable)


Baterai tanam mampu di ganti ketika baterai rusak. Tapi, pada umumnya pengguna smartphone baterai tanam tidak bisa mengubah sendiri di rumah mereka mesti membawa hp ke service center untuk di ganti baterai. Kecuali anda ingin berguru bagaimana membongkar baterai tanam yang kembung ini biar bisa memperbaikinya sendiri di rumah.

Kerugian lain, anda tidak mampu membawa baterai cadangan dikala berpergian saat baterai smartphone habis total. Jika smartphone masuk ke baskom yang terisi air dan airnya masuk ke dalam komponen ponsel pintar. Maka akan susah untuk melakukan perlindungan pertama alasannya adalah anda mesti membongkar bab baterai apalagi dulu.

 Smartphone selalu sensitif terhadap air, jikalau ada satu tetes air saja masuk ke dalam bagian ponsel pintar maka akan terjadi konsleting atau error pada ponsel pintar kita.


Kelebihan baterai biasa (removable)



Jika ponsel pintar mengalami hang (tidak dapat menyentuh layar), anda mampu mencabut baterai apalagi dulu kemudian diamkan beberapa menit.

Baca juga : cara mengatasi persentase baterai android yang error

Setelah itu, pasang dan nyalakan kembali ponsel pintar. Anda mampu melaksanakan software atau hardware untuk menanggulangi ponsel hang ini. Tapi, bila baterai tanam akan repot untuk melepas baterainya. Jika di ponsel pintar baterai tanam, bila terkena air akan sukar melaksanakan derma pertama.

Nah, saat smartphone biasa terkena air maka pribadi buka casing ponsel dan cabut baterai dan keringkan di luar ruangan. Anda mampu melakukan pergantian baterai cadangan tanpa repot membongkar ulang baterai tersebut karena anda tinggal cabut dan pasang kemudian nyalakan. 

Jika baterai anda rusak atau bocor, anda tidak perlu berbelanja smartphone gres. Cukup beli baterai yang sesuai dengan smartphone anda dan tinggal pasang kemudian gunakan lagi.


Kekurangan baterai biasa (removable)



Jika anda sering membuka casing smartphone atau smartphone anda tidak ada casing alasannya rusak maka baterai secara otomatis akan terkena debu di lingkungan kalau di bawa ke luar ruangan.  Sementara di baterai tanam lebih tersadar karena dengan kekuatan metode yang besar lengan berkuasa. Kebanyakan baterai removable ketika anda ingin mengambil kartu sim atau kartu memori ada mesti membuka baterai dahulu gres mampu membawa kartu sim atau kartu memori anda.

Memang, ada sebagian smartphone baterai removable dimana saat anda mengambil kartu sim tidak harus mencopot baterai apalagi dulu sebab letak penempatan kartu sim berada di luar baterai.


Cara merawat baterai ponsel pintar semoga tahan usang



Baterai removable maupun non - removable bisa mengalami kebocoran. Bedanya, ketika terjadi kebocoran baterai tanam pembungkusnya adalah plastik tersegel menjadi pelindung. Sementara baterai biasa mengakibatkan materi metal sebagai pelindung saat terjadi kebocoran. Jika baterai tanam bocor maka cairan tidak akan mengalir keluar.

Baterai ponsel pintar yang rusak ditandai dengan banyak sekali macam ciri termasuk baterai yang kembung. Baterai kembung terjadi karena reaksi gas dari oksidasi elektrokimia pada elektrolit baterai ponsel pintar. Penyebabnya yakni ponsel pintar yang overcharhing, suhu baterai yang sering panas ketika dipakai atau alasannya pengerjaan baterai yang kurang tepat.

Cara biar baterai smartphone tetap sehat ialah menyingkir dari pemakaian baterai hingga habis total. Karena jikalau dibiasakan umumnya kalibrasi baterai bisa error. Pada ketika smartphone sedang di charge lalu sarat maka segeralah cabut kabel daya dari ponsel pintar alasannya adalah bila dibiarkan berjam - jam mampu menjadikan over charging dan umur baterai jadi pendek.

Jangan biarkan ponsel pintar di kawasan yang sungguh panas mirip di dashboard mobil, di bersahabat kompor atau di bersahabat api besar. Jika smartphone anda akan di simpan sangat lama maka charge ponsel hingga 50%. Dan ulangi cara tersebut sebanyak 2 - 3 × seminggu.

Jika ingin menggunakan power bank sebagai pengisi daya maka isilah dengan charger ori apalagi dulu selama beberapa hari lalu pakai power bank. Pada ketika smartphone anda tidak dipakai, sebaiknya charge smartphone sampai baterai sarat lalu matikan daya. Daripada dibiarkan begitu saja.

Hindari menyimpan ponsel pintar di  sekitar barang elektro seperti TV, kulkas, magicom, kompor, panggangan dan barang yang lain sebab suhu smartphone bisa berganti drastis dan terjadi kesalahan jaringan dikala didekatkan dengan barang elektro. Faktor baterai kembung ini bisa mempunyai dampak buruk baik pada baterai removable maupun baterai non - removable.

Disarankan bila ingin melaksanakan pengisian daya jangan sambil dipakai alasannya akan mengganggu fatwa daya yang masuk ke daya baterai. Gunakan charger original sesuai dengan merk smartphone. Smartphone yang terbiasa memakai casan yang tidak original pasti kemampuan baterai turun drastis karena kekuatan daya yang tidak sinkron dengan daya baterai

Anda bisa menggunakan peralatan mirip power supply, timah gulung, timah cair, solder biasa, solder station dan alat yang lain untuk melaksanakan pemeriksaan pada ponsel pintar anda. 

Demikian yang bisa aku sampaikan supaya mampu berguna untuk anda dan keluarga. Jangan lupa baca postingan yang lain di blog magersena untuk menambah pengetahuan perihal gosip unik da menawan yang di diskusikan secara lengkap di blog ini.


Baca juga : 10 cara ngecas smartphone semoga tahan usang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel