4 Cara Mudah Mematikan Smartphone Baterai Tanam Yang Bootloop

4 Cara Mudah Mematikan Smartphone Baterai Tanam yang Bootloop



 Cara Mudah Mematikan Smartphone Baterai Tanam yang Bootloop 4 Cara Mudah Mematikan Smartphone Baterai Tanam yang Bootloop



Bootloop ialah masalah dimana android mengalami restart secara berulang - ulang atai stuck di logo android.

Keadaan ini mungkin menciptakan anda mengajukan pertanyaan - tanya apa penyebabnya. Tanpa basa - busuk anda eksklusif buka tutup smartphone, cabut baterai, pasang lagi dan nyalakan.

Ya, cara itu mampu untuk menangani bootloop tapi mampu menciptakan hp cepat rusak. Lalu, bagaimana cara menanggulangi bootloop pada baterai tanam. Kan tidak bisa di cabut baterainya ?

Untuk persoalan akan kita bahas tuntas di postingan ini. Mari kita diskusikan. Sebelum itu, sebaiknya kita identifikasi dahulu jenis penyakit bootloop ini pada smartphone anda.

1. Bootloop biasa

Bootloop ini merupakan bootloop yang dialami banyak orang. Ciri - cirinya ponsel bisa restart seperti umumdan muncul logo restart tapi ponsel melongo di hidangan android. Tidak mampu dioperasikan seperti biasa.

2. Bootloop ringan

Bootloop ringan ini ditandai dengan merestart terus menerus. Saat restart ponsel dapat masuk ke menu android, setelah beberapa ketika ponsel pun restart kembali dengan sendirinya.

3. Bootloop berat

Jika di bootloop ringan, ponsel bisa masuk ke sajian namun restart kembali. Di bootloop ini ponsel restart seperti biasa tetapi tertahan di logo restart dan tak maumasuk ke menu android. Akhirnya ponsel restart terus menerus tanpa henti.

Jika anda mengalami salah satu bootloop di atas. Jangan khawatir anda mampu mengatasinya di rumah tanpa mesti membawa ponsel ke service center terdekat.


Baca juga : 4 cara gampang memperbaiki recovery mode android yang memiliki masalah


Cara mematikan ponsel pintar baterai tanam yang bootloop


Masalah besar akan terjadi kalau ponsel pintar anda bootloop namun menggunakan tipe baterai tanam. Bisa sih di cabut baterai nya namun caranya sangat rumit. Lalu, bagaimana cara mengatasinya ?

1. Tunggu hingga baterai ponsel pintar habis

Cara mudah yang mampu anda kerjakan adalah menanti hingga baterai ponsel pintar benar - benar habis kemudian mati total.

Setelah itu, anda charge ponsel pintar anda dan tunggu hingga baterai sedikit mengisi lalu anda mampu melakukan factory reset untuk mereset ponsel pintar anda.

Factory reset yakni cara termudah untuk mengatasi berbagai macam dilema pada android. Cara masuk factory reset mampu menekan tombol variasi power + volume down, power + menu + volume down atau power + volume up + volume down.

Pilih cara yang sempurna sesuai dengan smartphone anda, sesudah itu anda bisa melaksanakan wipe data / hard reset untik meniadakan semua data di android anda. Kemudian ponsel pintar anda kembali seperti semula. 

 2. Lihat buku tutorial ponsel pintar

Coba periksa buku tutorial yang diberikan dikala anda berbelanja ponsel pintar tersebut. Buku itu berisi ihwal fitur - fitur dan keunggulan ponsel pintar tergolong juga cara mematikan ponsel pintar.

Jika smartphone anda berlawanan dari yang lain, pasti ada cara khusus untuk mematikan ponsel pintar anda dikala bootloop. Tapi, kalau tidak memperoleh apapun. Anda bisa mencoba cara yang lain. 

3. Copot baterai smartphone

Mungkin ini tergolong cara terakhir untuk mengatasinya, ialah dengan mencopot ponsel pintar baterai tanam yang bootloop.

Memang terdengar nekat. Tapi, anda tetap mesti melakukannya demi smartphone anda berfungsi kembali. Membutuhkan ilmu khusus untuk membongkar baterai tanam ini.


Baca juga : 7 cara menangani android yang tidak mampu masuk mode recovery


Kaprikornus, jangan mencopotnya secara asal. Serahkan pada ahlinya atau anda mampu belajar sendiri sambil memperbesar ilmu.

4. Menggunakan tombol variasi

Cara mudah untuk menanggulangi bootloop yaitu dengan menekan tombol variasi dikala bootloop terjadi. Sebelum masuk ke menu pasti kita akan melewati logo android apalagi dahulu.

Nah, pada saat terjadi bootloop tahan tombol power + volume down selama beberapa detik. Biasanya tombol ini dipakai untuk screenshoot tapi ketika ini keadaannya lain.

Setelah itu, akan muncul pilihan restart / reboot maka tekan maka perangkat akan merestart. Tapi, di berbagai macam ponsel pintar ada yang secara otomatis restart jikalau di tekan tombol kombinasi power + volume down.

Penyebab ponsel pintar bootloop


Kalian niscaya pernah kebingungan dan mengajukan pertanyaan - tanya kenapa ponsel mampu bootloop padahal anda tidak melakukan apapun pada smartphone simpulan - akhir ini.

Pertanyaan anda akan aku jawab kini. Karena aku akan membahas penyebab dari ponsel bootloop ini. Mari kita diskusikan.

1. Android mengalami overclock 

Overclock mampu memiliki masalah sebab anda mengubah kinerja sistem android yang tidak sesuai sehingga android mengalami bootloop.

Android mempunyai metode yang setara dengan PC atau laptop. Dengan perkembangan teknologi ini, developer besar menciptakan ponsel berbasis android untuk menawarkan akomodasi dalam memakai android.

Android bekerja dengan tata cara processor. Anda mampu mengubah processor ini dengan melaksanakan overclock adalah mengganti processor dari 1 GHz menjadi 2 GHz yang bermaksud untuk mempercepat kinerja tata cara android.

Tapi, jikalau anda tidak memahami perihal overclock ini maka jangan melakukannya. Karena mampu menjadikan bootloop parah pada android anda.

2. Sering melepas baterai android 

Android yang sering dilepas baterai ketika keadaan menyala sudah niscaya akan menciptakan beberapa sistem android rusak sebab dikala tata cara bekerja tiba - datang mesti terputus alasannya baterai yang dilepas.

Jika anda sering melakukan ini maka android anda akan mengalami kerusakan hardware, kalibrasi android error, memori internal rusak dan android mengalami bootloop parah.

Sebaiknya, hindari kebiasaan mencopot baterai ini kalau ponsel anda tidak mau ponsel mengalami bootloop parah atau mati total.

3. Melakukan root pada android 

Modifikasi metode (root) pada sistem android bisa mengakibatkan terjadinya bootloop pada android. Anda cuma menjadi pengguna android (user) bukan perubah android (super user).

Jika anda melaksanakan root pada android anda mempunyai arti anda telah menjadi superuser.  Saat anda menjadi superuser, anda mampu mengurangi atau memperbesar kinerja metode android.

Jika anda kurang ahli dalam sistem android sebaiknya jangan lakukan root atau android malah semakin rusak.

Demikian juga root, jika root tidak sempurna atau gagal ketika melakukannya 100% android akan mengalami root.

4. Mengganti script folder sistem

Hal ini tidak mempengaruhi tata cara android namun menghipnotis kinerja aplikasi yang di install di android anda. Biasanya mengganti script  folder sistem dijalankan untuk sebuah game. 

Mengubah script folder game akan mengubah beberapa kinerja yang ada dan anda bisa menikmati game dengan nyaman.


Baca juga : 2 cara gampang menangani android yang bootloop



Tapi, kalau terdapat kesalahan pada script tersebut maka android akan mengalami bootloop. Jika ingin mengubah script folder maka pelajarilah ilmunya. Jangan asal - asalan mengubah kinerja aplikasi. 

5. Kesalahan dikala flashing custom rom 

Flashing custom rom yakni tindakan memperbesar atau mengganti isi data pada rom sehingga tata cara dan kinerja android melakukan pekerjaan lebih cepat.

Tapi, ada resiko yang hendak dialami dikala proses flashing custom rom gagal. Android anda kemungkinan akan mengalami bootloop ringan atau parah. 

Apalagi jika flashing custom rom gagal dan data lama di android belum terhapus dan malah dipakai oleh metode gres, kemungkinan android akan mengalami bootloop parah.

6. Gagal mengendalikan permission

Pada saat anda menginstall aplikasi pasti aplikasi akan meminta izin untuk mengakses beberapa fitur dalam android mirip kamera, penyimpanan, voice call dan lainnya itulah yang disebut permission.

Di android banyak sekali fitur yang sering diberikan izin susukan terhadap suatu aplikasi mirip lokasi, penyimpanan, GPS dan wifi.

Nah, bila anda tidak berhati - hati dalam memperlihatkan permission maka android akan mengalami bootloop secara datang - datang.

Diharapkan anda berhati - hati dalam memberikan permission pada suatu aplikasi.

Demikian yang bisa saya sampaikan semoga bisa bermanfaat buat anda dan keluarga.  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel