12 Cara Ampuh Mengatasi Smartphone Android Yang Tidak Bisa Internetan

12 Cara Ampuh Mengatasi Smartphone Android yang Tidak Bisa Internetan



 Cara Ampuh Mengatasi Smartphone Android yang Tidak Bisa Internetan 12 Cara Ampuh Mengatasi Smartphone Android yang Tidak Bisa Internetan


Pernahkah anda mengalami smartphone tidak mampu internetan padahal data seluler telah connect. Ya, itulah dilema yang membuat sebagian orang galau, bagaimana cara mengatasinya.

Masalah serupa seperti data seluler telah dinyalakan tetapi tidak timbul di kafe sinyal. Itu juga masalah yang sering dialami para pengguna smartphone. 

Dampak yang dialami bila smartphone tidak bisa internetan ialah anda tidak bisa browsing di mesin pencari, tidak mampu membuka facebook, mengirim pesan di whatsapp dan tidak mampu melihat video di instagram.

Berbagai cara sudah dikerjakan tetapi akibatnya tetap saja nihil, data seluler aktif namun tetap tidak bisa internetan. Satu - satunya jalan ialah membawanya ke service center untuk memperbaiki dilema tersebut.

Tenang, anda bisa kok memperbaikinya sendiri di rumah tanpa mesti membawanya ke service center. Saya akan membahas mengenai cara memperbaiki jaringan android yang tidak mampu internetan.

Sebelum itu, mari kita ketahui dahulu masalah yang akan timbul jika jaringan android anda sedang jelek.



Aplikasi yang membutuhkan jalan masuk internet tidak akan berjalan, unduhan data dari internet akan berhenti dan tidak mampu browsing menjelajah dunia maya.

Jika anda mengalami problem di atas, android anda butuh perbaikan. Meskipun anda memakai paket data telkomsel yang memiliki jaringan besar lengan berkuasa tetap saja tidak mampu internetan.

Untuk mengatasinya, anda bisa menjajal cara mudah di bawah ini.

1. Cek kuota internet anda


Langkah pertama yang mesti anda lakukan yaitu mengevaluasi apalagi dahulu kuota internet anda. Apakah masih tersedia atau telah habis.  Terdapat beberapa aplikasi yang membutuhkan susukan internet, tetapi tidak berfungsi ketika kuota internet tinggal sekarat.


2. Restart android anda


Cara yang paling gampang untuk memperbaiki jaringan internet android adalah dengan merestart perangkat android anda. Restart akan memulai ulang kinerja sistem dari permulaan sehingga problem atau bug yang ada akan secepatnya diselesaikan setelah perangkat restart.


3. Aktifkan mode pesawat android


Cara memperbaiki jaringan android yang paling populer adalah menyalakan mode pesawat lalu mematikannya lagi. Hal ini bertujuan untuk mengawali ulang kinerja jaringan sehingga bisa meningkatkan mutu jaringan android.


4. Restart android dikala mode pesawat menyala


Terkadang cara ini terbilang asing, namun apa salahnya untuk mencoba. Langkah pertama nyalakan mode pesawat lalu tahan tombol power lalu pilih mulai ulang. Setelah itu, anda nyalakan data seluler dan tes browsing kalau masih tidak mampu internetan tetapi data telah connect, anda mampu coba cara yang lain.


5. Matikan dan nyalakan data seluler 


Cara selanjutnya adalah mematikan data seluler lalu nyalakan kembali dengan tujuan untuk refresh jaringan android. Untuk menyalakan data seluler, masuk ke pengaturan > penggunaan data > nyalakan. Atau bisa lewat tampilan cepat dengan menggeser layar ke bawah. 

6. Setting APN di android



Cara membuat jaringan android lancar adalah melakukan pengaturan pada APN di kartu sim yang anda pasang. Cara setting APN cukup mudah, anda bisa masuk ke pengaturan > lainnya > jaringan seluler > nama titik akses > setting apn. Mengatur apn ini sungguh berguna di berbagai kartu sim. Anda bisa mengatur apn yang anggun dengan mencari di google atau lewat youtube. Jika anda memakai kartu telkomsel, maka masalah tidak mampu internetan ini akan pribadi diselesaikan.

Baca juga : cara memperbaiki baterai tanam yang kembung


7. Sesuaikan jam dan kalender di android anda



Hal ini kadang dianggap sepele oleh para pengguna android padahal kuat dengan koneksi internet anda dan bisa memperbaiki jaringan internet android. Ubahlah jam dan kalender sesuai dengan waktu di daerah anda.


8. Ubah mode jaringan android



Cara lainnya yang bisa anda lakukan ialah mengubah mode jaringan dari 4G ke 3G atau 2G. Tunggu sampai beberapa menit, setelah itu anda mampu ubah lagi ke 4G dan bisa tes browsing atau buka facebook.


9. Bersihkan cache dan riwayat browser 



Aplikasi yang memerlukan susukan internet pasti tidak akan berlangsung bila memori internal sudah nyaris penuh. Untuk itu anda bisa bersihkan cache di setiap aplikasi. Untuk membersihkan cache, anda bisa masuk ke pengaturan > aplikasi > pilih aplikasi > hapus cache atau memakai aplikasi pembersih yang tersedia di playstore. Selain itu, anda harus membersihkan riwayat browser untuk memperbaiki jaringan internet di android. Sudah berapa lama anda tidak meniadakan riwayat browsing anda selama ini. Anda bisa menghapus riwayat browser dengan masuk ke pengaturan > riwayat > hapus riwayat browser.


10. Bongkar android anda



Jika anda malas untuk mencoba cara yang rumit, anda bisa coba cara gampang ini. Yaitu dengan membuka baterai, kartu sim dan kartu memori dari android anda.  
Tunggu beberapa menit, sesudah itu pasang semua dan nyalakan android. Cara ini juga berguna untuk memperbaiki wifi yang sudah terhubung tetapi tidak mampu internetan.


11. Gunakan aplikasi penguat sinyal



Lah kan gak bisa terhubung ke internet, bagaimana cara downloadnya ? Anda bisa tolong hotspot ke teman atau keluarga anda kemudian masuk ke playstore dan download aplikasi penguat sinyak terbaik. Setelah di install, buka aplikasi dan gunakan selaku penguat sinyal sementara waktu. Tes penguat sinyal dengan browsing. 


12. Reset android anda



Lagi -lagi reset. Ya, itulah cara yang mesti anda lalui untuk menangani persoalan tidak bisa internetan ini. Hardreset ialah obat mujarab untuk mengobati banyak sekali penyakit di android anda.  Sebelum melakukan reset, seharusnya cadangkan dulu data yang penting ke google drive atau media penyimpanan lain untuk menangkal kehilangan data.  Cara reset android sangat mudah, masuk ke pengaturan > buat cadangan & setel ulang > kembalikan ke setelan pabrik > setel ulang telepon. Cara hardreset android dengan masuk ke mode recovery dengan menekan tombol variasi (power + volume down atau up) setelah itu, pilih wipe data kemudian tunggu hingga proses selesai.

Baca juga : 4 cara mudah memperbaiki recovery mode android yang berurusan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel