√ Cara Gampang Menanggulangi Ponsel Pintar Tidak Ada Suara Saat Menelpon

√ Cara Mudah Mengatasi Smartphone Tidak Ada Suara Saat Menelpon


 Cara Mudah Mengatasi Smartphone Tidak Ada Suara Saat Menelpon √ Cara Mudah Mengatasi Smartphone Tidak Ada Suara Saat Menelpon
Ilustrasi


Ponsel cerdas atau ponsel pintar memiliki banyak kegunaan dalam kehidupan sehari - hari. Benda kecil ini sering dibawa kemana - mana oleh setiap orang alasannya bermanfaat dalam berkomunikasi, mencari gosip, media hiburan dan lain - lain.

Dalam berkomunikasi, kita mampu melakukan panggilan telepon sehingga bisa mengatakan pribadi lewat ponsel pintar kita. Tapi, ponsel pintar kita kadang mengalami kerusakan atau erroe baik di software dan hardware.

Masalah yang sering dialami pengguna ponsel pintar yakni tidak ada bunyi saat menelpon. Kerusakan ini bisa membuat anda rugi alasannya adalah mampu menghambat segala kegiatan yang melibatkan telepon anda.

Tenang saja, aku akan membagikan beberapa cara mudah untuk menanggulangi ponsel tidak ada bunyi dikala menelpon.

Masalah tidak ada suara dikala menelpon biasanya ada pada speaker. Tapi, problem lain juga mampu meembuat kerusakan menjadi parah seperti software yang error dan microphone hp yang kotor dan rusak.

Anda harus mengerti perbedaan kerusakan ini :

Pada saat melaksanakan panggilan dan suara anda tidak timbul di ponsel penerima maka kerusakannya pada microphone smartphone. Sedangkan dikala ada panggilan masuk tetapi suara yang ada datang - datang hilang maka kerusakannya pada speaker smartphone.

Ada beberapa penyebab kenapa hp tidak ada suara saat melaksanakan panggilan mirip ponsel pintar terjatuh, smartphone kemasukan air,  IMEI ponsel pintar hilang, kerusakan software, kerusakan hardware dan update tata cara yang tidak cocok dengan ponsel.

Dari beberapa penyebab, kerusakan yang terbukti bisa merusak bunyi ketika menelpon yaitu kerusakan microphone dan speaker smartphone.


1. Matikan ponsel



Langkah permulaan yang harus anda lakukan ialah mematikan ponsel anda, lalu copot semua komponen seperti baterai, kartu sim dan micro sd. Diamkan hingga beberapa menit, maksimalnya 30 menit. Setelah itu, anda pasang semua komponen dan nyalakan ponselnya.

Hal ini bertujuan untuk merefresh perangkat android untuk menanggulangi error kecil termasuk ponsel tidak ada suara ketika menelpon.


2. Hapus data aplikasi telepon



Anda mampu melaksanakan operasi ulang pada aplikasi telepon yaitu dengan menghapus data aplikasinya semoga beroperasi dari awal kembali. Data dan cache yang terlalu banyak mampu menjadi penyebab hp tidak ada bunyi dikala menelpon dan error lainnya.

Baca juga : cara terbaru unlock bootloader semua hp xiaomi, lebih gampang dan cepat

Cara menghapus data aplikasi telepon : masuk ke pengaturan > aplikasi  > pilih aplikasi telepon > hapus data (cache tergolong data). Dengan menghapus data telepon, lebih baik lagi jikalau perangkat di restart semoga bisa menangani error - error kecil.


3. Coba telepon customer service



Anda mampu melakukan panggilan ke service center dengan handsfree untuk menentukan kerusakan pada speaker telepon hp. Jika speaker telepon terlihat higienis tetapi suara dikala menelpon masih tidak terdengar maka kerjakan panggilan ini.

Handsfree berperan selaku alat untuk mencari sumber kerusakan smartphone. Jika bunyi terdengar di handsfree tapi tidak terdengar di earphone HP maka kerusakannya ada pada jalur PWB earphone.


4. Periksa speaker dan microphone ponsel



Cara menilik speaker dan mic ponsel ialah dengan merekam suara anda sendiri atau melakukan percobaan panggilan ke ponsel anda lainnya. Jika bunyi anda tidak muncul di peserta telepon, maka kerusakan ada pada mic.

Sedangkan kalau anda tidak mendengar bunyi telpon yang masuk lewat speaker maka speaker ponsel anda yang rusak. Saat anda mengetahui jenis kerusakan, langkah berikutnya ialah melakukan penanganan pada kerusakan tersebut.

Ada beberapa perangkat yang mampu melakukan pengecekan tool  diagnostic hardware, seperti xiaomi dengan memasukan kode dial *#*#6484#*#* dan samsung dengan instruksi dial *#0*#. Setelah memasukan arahan tersebut, anda bisa melaksanakan pengecekan pada speaker, loudspeaker dan microphone.


5. Periksa bab port jack headset



Anda pasang jack headset dan amati icon headset pada perangkat, kemudian kerjakan panggilan telepon dan tutup sensor proximity di bab atas.

Jika layar ponsel tetap menyala dikala jack headset tercabut maka kerusakannya pada jack headset tersebut. Anda harus memperbaiki headset tersebut ke service center atau menggantinya dengan jack headset gres.

Anda bisa menggunakan aplikasi soundabout dan headset toogle untuk mengubah pengaturan suara headset yang terpasang pada perangkat.


6. Coba telepon lewat aplikasi chat



Anda bisa melakukan percobaan lain adalah dengan menelpon teman lewat aplikasi chat seperti whatsapp, line, facebook dan aplikasi sejenis. Hal ini untuk menentukan apakah kerusakan ada pada hardware atau software.

Jika bunyi anda tidak terdengar oleh penerima panggilan meskipun sudah menggunakan semua aplikasi chat maka kerusakannya pada hardware dan harus diperbaiki ke service center terdekat.


7. Mengaktifkan loudspeaker



Anda coba mengaktifkan loudspeaker untuk menentukan apakah speaker atas rusak atau tidak. Jika speaker atas rusak maka ketika ada panggilan masuk, suara penelpon tidak terdengar oleh si akseptor telepon.

Baca juga : cara mudah melakukan split layar / split screen di semua hp android

Dengan mengaktifkan loudspeaker, bunyi saat menelpon akan keluar lewat speaker bawah ponsel pintar, namun suara saat menelpon sangat keras sehingga mampu di dengar oleh banyak orang jikalau di hingar bingar.


8. Cobalah mic eksternal



Cara ini mampu anda lakukan jika bunyi anda tidak terdengar oleh peserta telepon sebab unsur microphone ponsel yang rusak. Anda mampu menggunakan microphone eksternal yang banyak dijual di online shop untuk mencoba panggilan telepon.

Jika suara anda terdengar oleh peserta telepon dikala memakai mic eksternal maka kerusakannya ada pada microphone ponsel tersebut.


9. Bersihkan microphone ponsel



Jika anda mampu membersihkan microphone yang kotor maka lakukan dengan hati - hati. Anda harus mengamati bab kabel apakah terputus atau tidak, bersihkan dengan hati - hati biar tidak rusak parah.

Bersihkan lubang jack headset dengan benda kecil mirip lidi, kayu atau lainnya kecuali jarum alasannya bisa menghancurkan unsur di dalamnya. Jika sudah membersihkannya namun tetap suara tidak terdengar maka kerusakan ada pada microphone ponsel.

Baik kerusakan microphone atau jalur microphone tetap saja mesti diperbaiki oleh orang yang telah ahli.


10. Perbaiki microphone dan speaker



Anda bisa memperbaiki microphone dan speaker yang rusak sendiri di rumah (bila anda bisa) atau menenteng unsur ke orang yang sudah jago dalam bidang ponsel.

Tentu saja, anda harus mengeluarkan beberapa rupiah untuk ongkos memperbaiki microphone dan speaker supaya proses menelpon mampu berlangsung lancar kembali.


11. Factory reset



Alternatif lain ialah dengan mereset android menjadi pengaturan pabrik. Penyebab hp tidak ada bunyi saat menelpon mampu jadi alasannya adanya file virus yang tidak dimengerti oleh pengguna sehingga menghambat fungsi aplikasi telepon.

Baca juga : 2 cara menciptakan kamera CCTV di hp android dengan gampang dan cepat

Cara satu - satunya adalah dengan melakukan factory reset pada ponsel. Masuk ke pengaturan > buat cadangan & setel ulang > kembalikan ke setelan pabrik > setel ulang telepon. Setiap perangkat android mempunyai cara yang berbeda, namun intinya sama.

Demikian yang mampu aku sampaikan, semoga bermanfaat buat anda dan keluarga. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di blog Magersena untuk menerima info bermanfaat yang lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel