9 Cara Ampuh Menanggulangi Ponsel Yang Cepat Panas

9 Cara Ampuh Mengatasi Ponsel yang Cepat Panas


Anda harus ingat bahwa aplikasi yang telah anda matikan itu tidak mati sepenuhnya, mampu jadi aplikasi tersebut berjalan di latar belakang dan terlalu membebani prosessor dengan pekerjaan ponsel sehingga menciptakan baterai cepat habis dan terasa panas.

2. Biarkan ponsel mengecas


Saat mengecas ponsel, beberapa orang mengoperasikannya dengan membuka sosial media, nonton video atau bermain game. Awal - permulaan memang tidak ada efek buruknya, tetapi seiring waktu kesehatan baterai akan menyusut dan risikonya ngedrop dan cepat panas.

Alangkah baiknya, anda membiarkan ponsel mengecas sampai cukup daya untuk digunakan kembali. Anda bisa mematikan ponsel dikala mengecas supaya pengisian cepat dilaksanakan.

3. Wi-Fi mampu membuat ponsel panas


Ada beberapa orang yang mengatakan bahwa internetan memakai Wi-Fi menciptakan ponsel panas dan baterai cepat habis. Memang hal itu benar, tetapi hal itu terjadi dikala koneksi Wi-Fi tidak stabil alasannya memaksa ponsel untuk terus melakukan pekerjaan agar koneksi Wi-Fi tetap stabil.

4. Uninstall aplikasi yang memberatkan ponsel


Jika ponsel pintar anda memiliki ram kecil maka anda harus meniadakan / uninstall aplikasi atau game yang memberatkan kinerja ponsel anda. Aplikasi dan games yang berat dan memerlukan proses yang rumit akan mempengaruhi kinerja ponsel dan jadinya menjadi panas dan lambat.

Anda harus menguninstall aplikasi dan games walalupun anda membutuhkannya, daripada ponsel anda semakin jelek karena tetap memakai aplikasi tersebut, lebih baik anda hapus demi mempertahankan kesehatan ponsel.

5. Lepaskan casing ponsel


Memakai pengaman pada ponsel pintar anda memang penting untuk mencegah kerusakan internal dan eksternal pada ponsel. Tapi, tidak baik jikalau anda memakainya secara terus menerus terutama ketika cuaca panas, ketika cuaca panas dan ponsel anda memakai casing maka panas dalam ponsel akan kian parah.

Hal itu disebabkan adonan hawa panas antara lingkungan sekitar dan panas yang dihasilkan ponsel dan lama - kelamaan akan terjadi hal - hal yang berbahaya. Oleh alasannya itu, anda harus melepas ponsel dikala cuaca panas dan pasang kembali dikala cuaca sejuk.

6. Menggunakan baterai asli ponsel


Apakah ponsel anda masih menggunakan baterai yang sudah rusak dan ngedrop ? Jika iya, maka itulah yang mengakibatkan hp cepat panas dan daya baterai cepat habis. Untuk mengatasinya, anda mesti membeli baterai ori yang sesuai dengan spesifikasi ponsel.

Anda harus membeli baterai ponsel ori yang kualitasnya elok. Jangan tertipu dengan baterai ponsel harga rendah karena umumnya memiliki mutu yang buruk dan tidak tahan lama.

7. Ganti baterai ponsel


Jika anda telah melaksanakan segala hal untuk menghalangi ponsel panas tetapi tetap ponsel terasa panas maka anda harus memeriksa keadaan baterai ponsel. Baterai yang telah kembung, usang dan kondisinya yang telah rusak, seharusnya anda mengganti dengan baterai yang gres.


Jika kondisi baterai masih manis dan mulus tetapi ponsel tetap panas ketika dipakai, hal itu memiliki arti ada faktor lain yang mesti anda cari akar masalahnya. Nah, untuk mengecek keadaan baterai hp bisa menggunakan aplikasi untuk menganalisa kesehatan baterai yang banyak tersedia di playstore.

8. Hentikan aplikasi yang berjalan


Memang smartphone keluaran kini mempunyai kesanggupan yang luar biasa tergolong melaksanakan pekerjaan aplikasi secara serentak (multi tasking). Tapi, anda tetap harus menghentikan aplikasi yang ada untuk mencegah ponsel menjadi panas.

Semakin banyak aplikasi yang berlangsung di latar belakang maka ponsel akan cepat panas dan pada balasannya kinerja melambat. Sebaiknya, anda hentikan beberapa aplikasi yang tidak dibutuhkan biar suhu ponsel tetap stabil dan maksimal.

9. Memakai charger ponsel original


Apakah anda menggunakan charger murahan yang kualitasnya rendah, mungkin itu yang menjadikan ponsel anda menjadi cepat panas khususnya dikala ngecas. Sebaiknya anda memakai charger ponsel yang asli, jikalau charger asli rusak maka belilah charger orisinil yang gres.

Dengan memakai charger orisinil maka waktu pengecasan akan cepat, ponsel dalam suhu optimal dan kinerja smartphone bertambah baik.

Ponsel bisa meledak alasannya terlalu panas ?


Panas berlebih disebabkan oleh penggunaan baterai dan prosessor yang berlebihan. Apakah hal itu berbahaya ? Ya memang berbahaya, namun hp anda tidak akan meledak. Tapi hp akan terasa lambat saat dioperasikan dan baterai akan cepat habis dalam hitungan menit.

Satu - satunya penyebab ponsel meledak karena overheating adalah pemanasan yang berulang. Dalam hal ini, panas eksternal akan mengoptimalkan suhu sampai batas kemampuannya dan kesudahannya menciptakan reaksi ledakan.

Setiap baterai mengalami penurunan secara konstan meskipun bisa di charger lagi. Rata - rata daya tahan baterai ponsel yaitu 2 tahun, sehabis itu baterai ponsel tidak akan bekerja dengan baik dan risikonya hp menjadi cepat panas.

Akhir kata


Demikian yang mampu saya sampaikan, agar berfaedah untuk anda dan keluarga. Jangan lupa untuk membaca artikel yang lain di blog Magersena supaya mendapatkan isu berguna lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel