Cara Mudah Memperbaiki Touchscreen / Lcd Smartphone Yang Bergerak Sendiri

Cara Mudah Memperbaiki Touchscreen / LCD Smartphone yang Bergerak Sendiri


Cara Memperbaiki LCD yang bergerak sendiri Cara Mudah Memperbaiki Touchscreen / LCD Smartphone yang Bergerak Sendiri


Benda apa yang paling sering kalian pegang ? Ya, itulah smartphone, ponsel canggih yang senantiasa dibawa kemana - mana alasannya manfaatnya yang begitu besar bagi kelancaran hidup. Smartphone telah nyaris dipunyai seluruh kelompok mulai dari anak - anak, kaula muda sampai orang renta pun menggunakan smartphone untuk keperluan mereka.

Smartphone memiliki banyak manfaat diantaranya yakni belajar, melakukan pekerjaan , mencari berita dan hiburan. Dari tahun ke tahun smartphone pun semakin canggih dan berperan penting dalam hidup insan.

Secanggih - canggihnya ponsel pintar pasti akan terjadi error atau persoalan di saat - waktu. Masalah tersebut akan terjadi karena kita tidak apik dalam memakai smartphone. Termasuk pada artikel ini, aku akan membahas persoalan yang sering dialami para pengguna smartphone adalah layar LCD yang selalu bergerak atau stress sendiri.


Penyebab touchscreen ponsel pintar bergerak sendiri



Penyebab kenapa touchscreen smartphone sering memiliki masalah khususnya sering bergerak sendiri padahal tidak kita sentuh. Hal ini dikarenakan penggunaan charger yang tidak sesuai dengan ponsel dan charger original yang sudah rusak.

Charger yang tidak sesuai dengan ponsel pintar anda mampu mengakibatkan LCD anda menjadi error dan sering tekan - tekan sendiri. Hal ini terjadi alasannya adalah charger yang digunakan ponsel pintar bukanlah charger bawaan sehingga menjadikan problem pada ponsel.

Jutaan orang tidak menyadari bahwa penyebab dari touchscreen yang sering bergerak sendiri adalah sering menggunakan charger lain atau bukan bawaan. Charger lain menyebabkan arus listrik yang berlawanan masuk ke dalam baterai ponsel pintar sehingga unsur perangkat menjadi tidak stabil.

Baca juga : 4 cara ampuh mengatasi android yang suka install aplikasi sendiri

Cara mengatasinya yaitu dengan mematikan smartphone selama 5 - 10 menit. Setelah itu, nyalakan smartphone kembali kalau masih bergerak sendiri maka paksakan untuk melakukan aktivitas di smartphone, mirip main game, buka facebook dan buka youtube maka seiring waktu, touchscreen akan berlangsung dengan baik.

Ada beberapa penyebab lain yang menciptakan touchscreen ponsel pintar bergerak sendiri, diantaranya smartphone yang sering panas, memori yang penuh dan firmware atau bug.

Smartphone yang sering panas disebabkan oleh kinerja ponsel yang melakukan pekerjaan terlalu keras sehingga ponsel pintar terasa panas dan balasannya sering terjadi ghost touching. Bagian chipset dan cpu menurun sehingga respon terhadap ponsel lambat.

Touchscreen yang bergerak sendiri juga mampu disebabkan oleh memori internal yang sarat . Pengguna ponsel pintar pasti telah tahu bahwa mengisi sarat memori ponsel dengan file yang kita harapkan itu tidak baik.

Biasanya, mereka hanya menyisakan beberapa MB saja untuk penyimpanan internal. Padahal itu akan membuat kinerja ponsel pintar menjadi terganggu, termasuk LCD yang bergerak sendiri. Cara mengatasinya adalah memindahkan file anda ke memori eksternal untuk memberikan ruang bagi memori internal.


Cara memperbaiki touchscreen / LCD yang bergerak sendiri



LCD yang bergerak sendiri atau nama kerennya ghost touch adalah pergerakan pada layar LCD dengan sendirinya tanpa kita gerakkan. Cara memperbaiki masalah ini sungguh gampang. Jika touchscreen ponsel pintar tidak pecah, anda tidak butuhmembawanya ke tukang service karena anda bisa memperbaikinya di rumah.


1. Masalah pada pelindung layar



Pelindung layar seperti tempered glass, anti gores dan sejenisnya bisa menyebabkan masalah serius pada touchscreen anda. Biasanya orang yang gres membeli smartphone akan pribadi memasang pelindung layar.

Tapi, anda mesti hati -hati alasannya adalah pelindung layar yang pemasangannya tidak pas, terpasang terlalu keras mampu menjadikan layar LCD anda stress kemudian bergerak sendiri (ghost touch). Cara mengatasinya yaitu melepas pelindung layar dan coba geser - geser di layar smartphone, apakah masih terjadi error atau tidak. Jika masih error, anda mesti membawanya ke tukang service.


2. Kalibrasi touchscreen



Jika touchscreen masih ada bagian yang bisa disentuh dan tidak atau masih bisa disentuh namun tidak beraturan. Anda bisa mengunakan beberapa aplikasi kalibrasi touchscreen yang bisa anda install secara gratis di playstore. Aplikasi kalibrasi touchscreen ini akan memperlihatkan penyelesaian untuk bab touchscreen yang bermasalah. Beberapa aplikasi kalibrasi touchscreen yang mampu anda coba ialah :

Kalibrasi layar sentuh
Touchscreen perbaikan
Reparasi piksel mati untuk layar sentuh


3. Cek touchscreen smartphone



Layar LCD yang depresi sendiri mampu disebabkan oleh touchscreen yang ditekan atau disentuh terlalu keras. Anda mesti memeriksa kondisi touchscreen smartphone anda apakah rusak parah atau rusak biasa. Jika touchscreen rusak parah, jangan coba - coba untuk memperbaikinya sendiri, lebih baik bawa ke tukang service.


4. Cara yang lain



Cara yang satu ini memakai materi yang umumnya ada di rumah ialah korek api. Pertama - tama siapkan korek api dan coba anda setel apinya ke sedang (jangan terlalu kecil dan besar). Lalu siapkan ponsel pintar anda, lihat bab mana yang LCD nya error.

Jika sudah eksklusif saja panasi bab layar tersebut dengan korek api sambil di gerak - gerakkan biar mencegah kerusakan unsur. Biasanya layar akan bereaksi dan  usang - lama layar akan berjalan normal dan tidak depresi kembali. Jika belum sukses, coba cara ini hingga 3 kali.


5. Service smartphone anda



Jika cara - cara di atas tidak membantu sama sekali, maka jalan satu - satunya ialah menjinjing smartphone ke tukang service untuk diperbaiki oleh ahlinya. Biaya yang dikeluarkan umumnya tergantung dari tingkat kerusakan touchscreen.

Kesimpulannya, anda mesti mempertahankan baik - baik ponsel pintar anda supaya kekal dan tidak mudah rusak, dan juga hindari penyebab yang mampu merusak touchscreen anda.

Baca juga : mau buat aplikasi ! Beginilah cara membuat aplikasi android dengan gampang tanpa harus jago coding

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel