Cara Menggunakan Aplikasi Android Device Manager Untuk Melacak Android Yang Hilang

Cara Menggunakan Aplikasi Android Device Manager untuk melacak Android yang Hilang


Cara Menggunakan Aplikasi Android Device Manager untuk melacak Android yang Hilang Cara Menggunakan Aplikasi Android Device Manager untuk melacak Android yang Hilang


Android device manager ialah aplikasi perangkat lunak bikinan google yang berfungsi melacak atau mendapatkan perangkat android anda yang hilang. Aplikasi ini bisa menghapus data jarak jauh, melindungi android dengan keamanan dan membunyikan nada android.

Aplikasi yang banyak dipakai pengguna android untuk mencari ponselnya yang hilang yaitu aplikasi android device manager. Aplikasi ini berfungsi untuk melacak perangkat android yang hilang.

Keunggulan aplikasi android device manager ialah anda mampu mengatur ulang kata sandi baru pada android yang hilang, menderingkan android dan mereset android anda. Pada android versi baru, layanan diaktifkan secara otomatis tapu untuk android versi usang harus dikelola secara manual.

Cara kerja android device manager melalui koneksi TCP antara perangkat android dan server google. Dengan pertolongan koneksi tersebut android device manager akan mengirimkan info pada android untuk memilih lokasi android dan melaksanakan operasi yang lain.


Cara mengaktifkan pelacakan pada perangkat android


Pertama - tama kita mesti mengaktifkan layanan pelacakan terlebih dahulu untuk mulai mengevaluasi daerah android kita yang hilang. Untuk mengaktifkan layanan ini android anda mesti menyanggupi beberapa syarat diantaranya :

Baca juga : cara menciptakan android supprot otg dengan root dan tanpa root

• Versi android mesti di atas 2.2
• Android memiliki aplikasi google play services

Persyaratan ini mesti anda penuhi jikalau android anda versi lama. Tapi untuk android keluaran baru dua syarat tersebut sudah tercukupi secara otomatis.

Tahap selanjutnya adalah memasukkan akun google jika anda belum memasukannya dalam perangkat android. Cara menambahkan akun google di android adalah masuk ke pengaturan > akun > tambahkan akun > google.

Supaya perangkat android anda bisa ditampilkan di aplikasi android device manager anda harus mengaktifkan layanan lokasi pada android anda. Cara mengaktifkan layanan lokasi di android adalah masuk ke pengaturan > lokasi > aktifkan layanan.

Langkah berikutnya ialah membuka aplikasi google setting untuk mengendalikan pengaturan biar sesuai dengan android device manager dan android mampu terlacak dengan benar. Biasanya android di atas model 2.2 dan memiliki aplikasi google play services biasanya sudah terpasang otomatis.

Buka aplikasi google setting > pilih security pada bagian services > centang kolom "Remotely locate this device" dan "Allow remote lock and erase".

Catatan :

• Fitur "Remotely locate this device" membuat aplikasi android device manager memperlihatkan peta di dalam aplikasi dan melacak android dengan akurat.

• Fitur "Allow remote lock and erase" sebagai fitur keselamatan pada android yang melindungi data kalau android di curi dan menyingkir dari hal - hal yang tidak mau terjadi.

Tahap terakhir yang harus anda lakukan adalah masuk ke pengaturan android untuk mengaktifkan aplikasi android device manager. Caranya adalah masuk ke pengaturan > keamanan > pilih device administrator > centang kolom android device manager.

Mulai melacak perangkat android


Hal paling penting pada android anda ialah menyertakan keamanan supaya pencuri tidak bisa membuka android anda. Anda mampu memakai kata sandi, pin, acuan atau sidik jari untuk mengamankan android.

Baca juga : 5 aplikasi pengubah bunyi terbaik untuk live streaming

Si pencuri android anda pasti tidak akan berbuat banyak dan melakukan factory reset lewat mode recovery untuk mengembalikan pengaturan android sekaligus membuka keamanan android.

Tapi damai saja, untuk anda pengguna android lolipop (model 5.0) ke atas biasanya sudah dilengkapi fitur "Factory Reset Protection". Fungsi fitur ini yakni saat si pencuri mereset pabrik android anda. Maka android tidak akan mampu digunakan, untuk menggunakannya mesti memasukkan akun google yang sama dengan sebelum direset.

Cara mengakses android device manager ada 2 cara ialah mengakses situs web android device manager atau mengakses situs google.com/android/devicemanager , lalu masuk memakai akun google anda yang serupa dengan android.

Anda harus mendownload aplikasi android device manager lewat playstore di perangkat android yang berlainan. Jika anda menggunakan android teman, anda mampu masuk dengan guest. Masuklah memakai akun google yang terpasang pada android yang hilang tersebut.

Catatan :

Android device manager tidak tersedia untuk iOS. Jika ingin mengakses android device manager menggunakan iOS mesti melalui situsnya.

Jika anda memiliki android dengan akun google yang sama. Anda mampu menentukan nama perangkat android untuk ditampilkan di aplikasi android device manager. Android anda memiliki sinyal GPS anda mampu memanfaakannya untuk melacak android dengan akurat.

Smartphone berbasis android sudah dilengkapi izin aplikasi. Anda bisa mengaktifkan atau menonaktifkan izin pada sebuah aplikasi. Biasanya anda ingin android tidak cepat habis yaitu menonaktifkan GPS, data internet dan sinkronisasi untuk meminimalisir daya android.

Anda bisa mematikan sinkronisasi dan data internet untuk meminimalisir daya namun tida untuk GPS. Disarankan GPS selalu diaktifkan supaya mempercepat pelacakan android bila hilang di suatu tempat. Jika GPS android mati maka akan sulit untuk melacaknya dan kemungkinan tidak mampu di lacak.

Jika android anda menggunakan layanan lokasi dengan mode nirkabel, info yang ditampilkan tidak akurat dan bahkan tidak mampu timbul sama sekali. Jika android device manager tidak mampu memperlihatkan lokasi perangkat biasanya muncul bundar yang menunjukan asumsi lokasi perangkat berada.

Dengan cara tersebut anda bisa mencari kembali ke jalur yang pernah anda lewati dikala android hilang.

Cara menciptakan android anda berdering supaya terdengar dikala anda mencarinya. Anda bisa menjadikannya dengan memilih "Ring". Dengan cara ini android yang hilang akan berdering sarat dalam waktu 5 menit saat android terkunci.

Jika perangkat android anda dicuri dan cemas data di android anda akan digunakan oleh si pencuri. Maka anda bisa mengunci android dengan kata sandi baru supaya pencuri tidak mampu membukanya. Caranya dengan memilih "Lock" untuk mengendalikan kata sandi baru.

Jika anda telah menyerah untuk mencari android anda yang hilang atau di curi anda mampu melakukan langkah terakhir ialah dengan meniadakan seluruh data yang ada di perangkat yang hilang. Caranya pilih "Erase". Setelah mengaktifkannya android akan mereset ke pengaturan pabrik. Tapi android harus terhubung ke jaringan untuk melakukan proses abolisi data.

Jika anda kehilangan android dan berniat ingin mencarinya. Sebaiknya bawalah sahabat untuk mengawalanda mencari android yang hilang sekaligus mencegah insiden yang tidak diharapkan.

Jika anda mengalah untuk mencari android anda yang hilang. Langkah terakhir yaitu melakukan perintah "Erase" dan jangan lupa memblokir nomor telepon yang ada pada android untuk mencegah hal - hal yang tidak di kehendaki.

Anda harus mengetahui cara memakai aplikasi android device manager tersebut agar bisa bertindak cepat dikala android anda terjatuh ketika naik motor atau di curi. Anda eksklusif mencarinya tanpa mesti mencari di google apalagi dulu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel