7 Cara Memperbaiki Perangkat Android Yang Tidak Mampu Masuk Recovery Mode

7 Cara Memperbaiki Perangkat Android Yang Tidak Bisa Masuk Recovery Mode


Sumber: google.com

 Perangkat android yang tidak mampu masuk Recovery Mode menjadi hal yang merugikan sebab pada recovery mode terdapat fitur-fitur tersembunyi pada android. Masalah ini umumnya dari sistem Android yang memang mengalami problem yang serius. Fungsi dari Recovery mode ialah untuk menertibkan ulang smartphone ke setelan pabrik atau setelan awal, dan masih banyak lagi fitur pada recovery mode. Kaprikornus dikala smartphone telah terlalu berat kinerjanya maka dapat membersihkan semua aplikasi didalamnya dan mengaturnya ke mode default dimana bisa kondisi nya akan sama saat android dalam kondisi gres.

Setelah menggunakan Recovery Mode semua data akan terhapus tergolong juga aplikasi pemutar video, game ringan Android dan masih banyak aplikasi yang lain. Tidak hanya aplikasi saja, tetapi semua foto, dokumen atau musik akan hilang jadi seharusnya cadangkan dulu pada Sekolah Dasar Card atau media penyimpanan lain. Tapi jika Android tidak bisa masuk Recovery Mode pastinya menciptakan galau banyak orang. Berbagai cara dijalankan untuk menangani Android susah masuk Recovery Mode.

Alasan perangkat android tidak bisa masuk Recovery Mode yaitu kesalahan pada penginstalan custom rom, salah memasang CMW atau juga tombol yang error. Banyak orang yang ingin mendapatkan tampilan ponsel pintar berbeda dengan melakukan custom ROM, namun untuk pemula justru sering mengakibatkan duduk perkara. Dengan cara custom ROM yang salah akan menimbulkan kegagalan fungsi pada firmware maupun hardware android.

Cara Memperbaiki Perangkat Android Yang Tidak Bisa Masuk Recovery Mode :

Cara ini juga mampu dipakai untuk menanggulangi android yang bootloop. Apabila recovery mode mengalami kerusakan yang menjadikan hilangnya fitur-fitur dari ponsel pintar.

1. Factory Reset

Cara yang pertama yaitu dengan melaksanakan factory reset. Pada tiap smartphone telah ditawarkan fitur Factory reset yang bisa dipakai untuk mengatur pengaturan android ke pengaturan bawaan. Menggunakan Factory Reset terbukti mujarab.
Sebelum melakukan proses Factory reset sebaiknya cadangkan dulu semua data yang ada di android. Dengan proses ini semua data akan dihapus dan dikembalikan ke keadaan pabrik. Apabila setelah melaksanakan Factory Reset duduk perkara pada recovery mode masih belum teratasi, coba cara selanjutnya.

2. Lepas Baterai

Lepas baterai android dan tunggu beberapa saat untuk menanggulangi persoalan recovery mode, namun untuk yang android baterai tanam lebih baik jangan membongkar melainkan menekan tombol power sekitar 15 detik. Cara melepas baterai lebih diusulkan untuk smartphone yang mempunyai baterai atau baterai mampu dilepas.
Setelah melepas baterai tunggu beberapa menit, lalu masukkan baterai dan hidupkan smartphone. Trik ini akan mereset power cycle untuk memutus aliran listrik yang mengalir ke seluruh unsur android. Tunggu hingga smartphone mampu melakukan booting, dan coba masuk ke Recovery Mode.

3. Menggunakan Mode ADB

Cara yang berikutnya yaitu dengan ADB kepanjangan dari Android Debug Bridge. Kita perlu memakai PC atau laptop dan alatnya berbentukkabel data yang lalu dihubungkan ke Android. ADB berfungsi memperbaiki Android apabila terjadi mode error tergolong juga recovery mode yang terjadi kerusakan atau hilang. Kaprikornus  cobalah memakai Mode ADB untuk masuk ke Recovery Mode.

4. Gunakan Aplikasi Lain

Jika android masih bisa masuk ke hidangan maka cobalah aplikasi lain contohnya Quick Boot dan masih banyak aplikasi pendukung lainnya. Dari aplikasi ini kita dapat pribadi mengakses beberapa hidangan untuk Reboot, Recovery Mode, Bootloader dan juga power Off.

Buka aplikasi nya lalu pilih recovery mode, jika tak ada dilema maka secara otomatis smartphone akan reboot dan mulai masuk ke recovery mode. tapi cara ini tidak sukses di beberapa model ponsel pintar.

5. Memakai USB Jig

Cara selanjutnya adalah dengan memakai USB Jig, perangkat ini bentuknya seperti USB dan sangat memiliki kegunaan untuk mengusut smartphone yang mati total. Secara pribadi USB Jig akan melakukan pemaksaan pada android untuk memasuki Recovery Mode saat di tancapkan pada port USB. Perangkat ini juga banyak di jual di online marketplace dengan harga yang terjangkau sehingga wajib dicoba.

6. Melakukan Flashing

Cara berikutnya yakni dengan melakukan flahsing. Jika smartphone dalam keadaan hidup maka cadangkan semua data terlebih dulu. Memang setiap vendor android mempunyai tools yang berlainan untuk flashing beda juga dengan firmwarenya. Kaprikornus mesti lebih hati-hati tentukan versi firmware telah cocok dan juga tahu caranya flashing android.
Memang flashing kemungkinan bisa menuntaskan persoalan, namun jika kesalahan terjadi akan menghipnotis kinerja ponsel pintar. Jadi langkah baik nya coba bicarakan dengan service center yang sudah profesional.

7.  Pergi ke Service Center yang professional

Dan jika tak mau sakit kepala melakukan ini dan itu, maka bawa saja ke service center atau jasa service profesional terdekat. Memang saat melakukan service akan ada biaya perbaikan, namun kerusakan pada android akan dengan jelas terlihat hingga langkah penyelesaian masalahnya juga lebih tepat.
Memang mengatasi android yang tidak bisa masuk ke Recovery Mode berlawanan beda untuk tiap ponsel pintar tergantung pada penyebabnya. Jika sudah sudah biasa memegang smartphone android dan tau seluk-beluknya pasti pengguna mampu mengatasinya dengan gampang. Tapi bagi yang pengguna biar lebih aman serahkan saja pada tukang service terbaik. Jika menyelesaikan masalah sendiri maka kita tidak perlu membayar, tapi mesti berfikir lebih mengenai solusinya. Beda dengan yang membawanya ke jasa service, walau harus mengeluarkan uang tetapi tak perlu sakit kepala pusing melaksanakan cara di atas.

BACA JUGA :

cara memperbaiki recovery mode yang bermasalah

Cara memperbaiki android yang tidak bisa nyala

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel