13 Cara Mengatasi Aplikasi Force Close Di Android

13 Cara Mengatasi Aplikasi Force Close di Android







force close yakni dimana kondisi aplikasi sedang digunakan lalu aplikasi keluar dengan sendirinya dibarengi notif, 'sayangnya aplikasi ... telah berhenti'. Hal semacam itu pasti menciptakan kita kesal, di saat sedang asyik main game datang-datang aplikasi nya keluar sendiri tanpa alasannya adalah.

Pada kali ini aku akan membicarakan tuntas bagaimana cara menanggulangi force close di android, sebelum itu saya jelaskan poin-poin penting dari bahasan ini.


DAFTAR ISI:

8 penyebab aplikasi force close di android

13 cara menangani aplikasi force close di android


Pada ketika terjadi force close pada aplikasi kalian akan diberi 2 pilihan notif yaitu "force stop" atau report, bahkan ada yang sampai 3 notif yaitu "wait", "ok" dan "report". pada dikala kalian membuka suatu aplikasi lalu timbul notif maka kalian harus memilih salah satu.

Force stop memiliki arti aplikasi akan dihentikan secara mutlak sehingga aplikasi berhenti secara total, sedangkan Report memiliki arti melaporkan bug atau problem pada aplikasi tersebut ke developernya, jikalau android kita tidak ada duduk perkara memiliki arti aplikasinya memiliki masalah dan jika aplikasinya tidak bermasalah bermakna androidnya yang bermasalah.

8 penyebab aplikasi force close di android

1. data aplikasi yang corrupt atau hilang seperti temporary data, cache, game data dan lain-lain.

2. RAM penuh, RAM berperan penting dalam kinerja aplikasi untuk menjaga aplikasi biar tetap berlangsung jikalau RAM penuh aplikasi tidak bisa berlangsung dengan tanpa hambatan bahkan mampu terjadi force close pada aplikasi.

3. file cache yang menumpuk, cache adalah data komplemen pada aplikasi yang sering anda gunakan jikalau cache jarang dibersihkan maka akan menghambat RAM melakukan pekerjaan dan terjadi force close pada aplikasi yang dipakai.

4. aplikasi yang masih versi beta, atau aplikasi yang di download di luar play store dan ialah aplikasi bajakan, aplikasi tersebut tidak mendukung kinerja android.

5. koneksi internet terputus, aplikasi yang memerlukan koneksi internet seperti game online, social media.

6. versi android sudah usang, Android model Froyo 2.2 atau Gingerbread 2.3 itu tidak akan mendukung pada aplikasi keluaran kini.

7. android sudah di root, android yang dalam mode root umumnya tidak akan bekerja secara optimal, ketidakstabilan sistem sehingga mengusik kinerja android.

8. hardware android ada yang rusak, periksa dahulu mungkin ada kerusakan pada bab mesin android yang membuat aplikasi force close seperti rusak di sensor atau koneksi internet.

kini kalian telah tau penyebab aplikasi di android force close dan coba kalian cek satu-satu penyebabnya apakah pada hardware, koneksi internet atau yang yang lain.


13 cara menangani aplikasi force close di android


1. Restart perangkat android

Biasanya aplikasi yang error secara terus menerus itu berarti android tidak merespon persoalan yang anda, aplikasi yang error akan sulit dibuka dan mungkin terjadi force close.

Cara mengatasinya adalah dengan restart perangkat android anda, hal itu akan me-refresh aplikasi yang error sehingga duduk perkara pada aplikasi akan teratasi.

2. Hentikan aplikasi di latar belakang

Aplikasi latar belakang yakni aplikasi yang kalian tinggalkan dalam kondisi berjalan. Jika terdapat banyak aplikasi di latar belakang maka akan menyebabkan RAM sarat dan menimbulkan force close pada setiap aplikasi.

RAM ialah aspek penting pada android, maka bersihkanlah RAM setiap waktu untuk menghalangi kinerja android lelet. Kalian mampu menggunakan aplikasi cleaner mirip: clean master untuk membersihkan RAM.

3. Hapus cache pada aplikasi

Saya sudah memberitahukan anda bahwa cache bisa menimbulkan RAM penuh, RAM berisi data aplikasi yang sering anda gunakan sehingga aplikasi akan berjalan cepat. Cache mesti anda bersihkan setiap bulan atau setiap ahad supaya bisa meminimalisir kapasitas RAM, dan RAM akan melakukan pekerjaan dengan tanpa gangguan.

Ada 3 cara membersihkan cache aplikasi di android

- melalui penyimpanan
buka pengaturan > penyimpanan > data yang di simpan > hapus.

- melalui aplikasi
buka pengaturan > aplikasi > pilih aplikasi > hapus cache.

- memakai aplikasi cleaner
ada beberapa aplikasi cleaner di playstore di antaranya

4. Periksa koneksi internet android

hampir semua orang memiliki aplikasi yang membutuhkan internet atau aplikasi online mirip game online, facebook, youtube dan masih banyak lagi.t
Banyak yang mengajukan pertanyaan kenapa aplikasi online itu mampu force close, padahal internet tanpa kendala jaya.

Mungkin ada persoalan pada koneksi internet anda seharusnya periksa biar tidak terjadi force close kembali.

Mungkin itu terjadi karena pengaruh gannguan jaringan, masalah pada location service harap nyalakan location service sebelum membuka aplikasi online untuk mencegah terjadinya force close. Cara mengaktifkannya pengaturan > lokasi > lalu aktifkan.

5. Lakukan perintah force stop pada aplikasi

Force stop atau paksa berhenti ialah cara yang paling efektif untuk menangani aplikasi yang sering force close.

cara melakukan perintah force close pada aplikasi: pengaturan > aplikasi > pilih aplikasi > tekan force stop atau paksa berhenti.

setelah itu coba buka aplikasi apakah masih terjadi force close atau tidak, atau kalian bisa restart android anda untuk hasil yang lebih maksimal.

6. Hapus data aplikasi

Salah satu penyebab kenapa aplikasi sering force close (FC) yakni adanya data yang korup atau hilang, maka solusinya yakni dengan menghapus data aplikasi untuk memulai ulang aplikasi dari awal sehingga membentuk data gres.

Cara hapus data aplikasi Pengaturan > aplikasi > pilih aplikasi > hapus data.

sebelum melaksanakan hapus data semestinya anda mengenang akun yang ada pada aplikasi sebab sesudah hapus data anda harus login ulang di aplikasi tersebut.

Jika malas melakukan cara di atas dengan menghapus data aplikasi satu per satu, kalian mampu memakai aplikasi cleaner yang ada di playstore.

7. Install ulang aplikasi

Cara berikutnya yang mampu anda lakukan ialah dengan meng-install ulang aplikasi yang force close, hal ini akan menghemat aplikasi semoga melakukan pekerjaan ulang pada android.

Jika aplikasi yang force close itu aplikasi bajakan sebaiknya install ulang untuk mengatasinya.

Cara uninstall aplikasi pengaturan > aplikasi > pilih aplikasi > copot pemasangan, kemudian kalian mampu download ulang atau eksklusif install aplikasinya.

8. Update aplikasi

Jika kalian telah menggunakan aplikasi lama sekali semestinya cek update aplikasi lalu update ke verai terbaru untuk menanggulangi force close.

Cara mengecek update aplikasi: playstore > my apps, kalian bisa menganalisa apakah ada update modern atau tidak.

Ada juga beberapa aplikasi yang update namun malah sering terjadi bug atau persoalan pada aplikasi sehingga menciptakan penggunanya tidak nyaman, sebaiknya cek komentar pada pengguna aplikasi agar bisa mengenali bagaimana jawaban mereka ihwal aplikasi tersebut.

9. Update tata cara android

Jika kalian masih memakai model android yang usang harap update ke versi modern untuk mengembangkan kinerja tata cara android.

Karena kebanyakan aplikasi cuma bekerja pada versi android 4.4 (kitkat) ke atas.

Cara melakukan update android: pengaturan > tentang perangkat > perbarui perangkat lunak.

Untuk android versi 4.4 (kitkat) ke atas mampu menggunakan runtime alternatif yakni ART (Android RunTime). ART berfungsi mempercepat kinerja aplikasi sehingga lebih leluasa memakai aplikasi, tetapi tidak semua aplikasi mendukung alternatif ini.

ART memiliki kegunaan untuk mengecek kecepatan aplikasi, kalian bisa menggantinya ke Dalvik untuk kinerja yang lebih leluasa.

Cara mengaktifkan ART kalian bisa pergi ke pengaturan > pilihan pengembang (jika ada) > pilih runtime > dalvik. Jika tidak ada menu pilihan pengembang anda bisa mengaktifkannya ke pengaturan > tentang perangkat > pencet-pencet build number.

10. Factory reset android

Jika anda ingin menggunakan cara ini maka anda harus mem-backup data yang penting pada android alasannya factory reset akan menghapus semua data yang ada di android.

Jika pada android terdapat banyak aplikasi yang dikala digunakan terjadi force close, maka cara ini diusulkan alasannya adalah factory reset akan menciptakan memori internal fresh kembali dan kinerja android lebih tanpa gangguan.

Cara melaksanakan factory reset
buka pengaturan > cadangkan > reset data pribadi > reset.

11. Beli android baru

Jika kalian telah bosan dengan ponsel pintar android yang kalian punya, maka gantilah dengan yang gres. Dijamin tidak akan terjadi force close setelah membeli hp baru.

Disarankan untuk berbelanja android dengan kapasitas memori internal meraih 10GB dan RAM mencapai 8GB hal itu akan menghalangi kemungkinan terjadinya force close pada aplikasi.

12. Melaporkan masalah ke developer aplikasi

Pada dikala force close (FC) pada aplikasi akan timbul notif dan terdapat notif "report", hal itu memiliki kegunaan untuk melaporkan dilema yang ada aplikasi sehingga akan diatasi oleh pembuat aplikasi tersebut.

Tunggu hingga developer membaca dengan keluhan anda kepada aplikasinya, jika sudah dibaca dan mengenali masalahnya maka si pembuat akan mengeluarkan aplikasi model modern yang lebih tenteram dan tidak force close.

13. Un-Root android kalian

Jika sebelumnya android kalian telah di root maka semestinya un-root kembali, untuk mengembangkan kinerja android sehingga menangkal terjadinya force close pada aplikasi karena dengan un-root metode android akan kembali seperti semula.

Cara un-root android berlawanan-beda tergantung dari jenis android yang di pakai, apakah support untuk proses un-root atau tidak. Tapi proses dasar dari kerja un-root adalah mengembalikan ROM android ke manufacturer ROM bawaan

BACA JUGA:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel