Cara Cepat Menangani Android Yang Sering Mati Dan Nyala Sendiri

Cara Cepat Mengatasi Android yang Sering Mati dan Nyala Sendiri


Cara Cepat Mengatasi Android yang Sering Mati dan Nyala Sendiri Cara Cepat Mengatasi Android yang Sering Mati dan Nyala Sendiri


Cara mengatasi android sering mati dan nyala sendiri - Masalah pada ponsel android menjadi ganjalan para penggunanya mulai dari baterai ngedrop, aplikasi tidak bisa dibuka, aplikasi error dan yang lain. Hal yang akan dibahas kali ini yakni menangani perangkat android yang sering mati dan nyala sendiri.

Para pengguna android niscaya pernah mengalami ponsel nya mati sendiri atau restart sendiri tanpa penyebab yang pasti. Kalian niscaya menduga hal ini wajar karena umur ponsel yang sudah usang. Sebenarnya problem ini bisa tertuntaskan dengan gampang, bila problem pada android ringan.

Jika problem pada android berat mirip kerusakan bagian ponsel maka anda harus menjinjing android ke daerah service untuk diperbaiki. Saya akan menjelaskan penyebab dan cara menanggulangi android sering mati dan nyala sendiri.

Penyebab nya ada 2 yakni kerusakan pada bagian ponsel dan persoalan pada metode operasi android. Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya di bawah ini.


Penyebab android sering mati dan nyala sendiri



Sebelum ke tahap cara mengatasinya, seharusnya anda mengetahui penyebab dari android yang sering mati dan nyala sendiri. kerusakan pada beberapa bagian android mampu menjadikan ponsel mati sendiri, reboot terus - saluran bahkan mati total. Saya akan menjelaskan beberapa kerusakan unsur yang mampu mengakibatkan ponsel mati sendiri. Oke, berikut penyebabnya.


1. Baterai android longgar



Jika anda membanting perangkat ke kasur atau menggoyangkan perangkat maka akan mati sendiri. Hal ini alasannya adalah baterai android yang terpasang terasa longgar sehingga sinkron antara baterai dan hp sukar dan arus listrik tidak optimal. 

Cara ini mungkin telah pernah anda lakukan yakni dengan mengganjel baterai dengan kertas atau benda lain untuk merapatkan baterai ke konektor perangkat supaya arus listrik bisa bergerak dengan lancar.


2. Speaker musik android rusak



Ciri - ciri speaker musik android rusak adalah saat anda memutar musik di perangkat maka perangkat datang - datang mati dan nyala dengan sendirinya. Hal ini disebabkan oleh speaker yang short atau koslet yang menimbulkan perangkat terlampau banyak menyuplai arus pada speaker.

Cara mengatasinya sungguh gampang, ialah dengan mengubah speaker android dengan yang baru. Anda mampu menerima speaker android di daerah service.


3. Tombol On / Off kotor



Android yang sering mati sendiri mampu disebabkan oleh tombol switch on / off yang kotor atau berdebu. Debu atau kotoran yang terkumpul banyak pada tombol on / off ini mampu menekan salah satu tombol dan mengakibatkan perangkat mati dengan sendirinya.

Anda mesti membersihkan bagian switch on / off semoga bab tersebut terbebas dari abu dan menghalangi perangkat mati sendiri.


4. Earpice (speaker kecil) rusak



Jika anda ingin menelpon atau ditelpon seseorang, pada dikala anda mengangkatnya maka ponsel pribadi mati. Hal itu sebab earpice atau speaker kecil yang telah rusak. Sama mirip no.1 tadi, perangkat terlalu banyak memasok arus pada earpice sehingga menyebabkan koslet dan ponsel akan mati.

Baca juga : cara gampang menciptakan video di galeri menjadi wallpaper di android

Untuk cara mengatasinya sama, adalah dengan mengubah speaker kecil atau membawanya ke tempat service hp terdekat di kawasan anda.


5. Konektor baterai berkarat



Jika konektor baterai berkarat maka ponsel tidak bisa menyala sama sekali karena arus penghubung antara baterai dan perangkat terhalang alasannya karat tersebut. Jika ponsel masih bisa menyala maka tidak akan lama, setelah beberapa menit dioperasikan ponsel akan mati sendiri.

Cara mengatasinya yaitu dengan menyingkirkan karat pada konektor baterai atau mengganti baterai android dengan yang gres dan sesuai dengan settingan ponsel.


6. Micro SD rusak



Ciri - ciri micro SD yang rusak adalah saat anda memasangnya di ponsel, micro Sekolah Dasar terbaca dan tidak usang kemudian micro SD hilang atau tidak terbaca. Kejadian ponsel mati sendiri akan dirasakan jika micro Sekolah Dasar dipindahkan ke ponsel lain maka akan mengalami reboot terus - saluran pada ponsel.

Untuk mengatasinya, anda cuma perlu mengganti micro SD dengan yang baru biar mencegah ponsel reboot terus - saluran. Micro SD yang rusak jika dipasang di ponsel akan menimbulkan konsleting arus sehingga hp mati sendiri atau reboot.


7. Konektor charger berkarat



Ciri - ciri konektor charger berkarat ialah pada saat anda ingin mengecas ponsel dan tiba - datang ponsel mati tanpa karena. Hal ini dikarenakan ponsel yang dimasukkan charger rusak maka android akan protect sebab menilai konektor berkarat itu benda asing dan ponsel pribadi mati sendiri.

Untuk mengatasinya, ganti charger ponsel dengan yang baru. Jangan bekas dari ponsel sobat sebab bisa menimbulkan perbedaan arus listrik dan baterai android mampu boros atau lowbat.


Cara menanggulangi android sering mati dan nyala sendiri



Selain kerusakan pada perangkat hardware, ponsel mati sendiri bisa terjadi karena penyebab dari software atau metode operasi android. Untuk mengatasinya, simaklah cara berikut.


1. Menghapus file yang tidak penting di penyimpanan android



Semua pengguna android pasti tahu kalau penyimpanan android penuh maka akan muncul problem pada kinerja perangkat termasuk hp tiba - tiba mati sendiri. Untuk mengatasinya, anda cuma diminta untuk menghapus beberapa file yang tidak diperlukan untuk menawarkan ruang pada penyimpanan android.

Dengan meniadakan beberapa file besar maka ruang penyimpanan android akan bertambah dan kinerja perangkat mampu berlangsung dengan wajar alasannya ketersediaan ruang penyimpanan.


2. Memakai aplikasi antivirus



Anda mampu memakai beberapa aplikasi antivirus yang mampu di download di playstore secara gratis. Fungsi dari aplikasi antivirus ini yaitu untuk mendeteksi dan meniadakan virus atau file yang mengakibatkan perangkat mati dan nyala sendiri.

Dengan terhapusnya file atau virus yang ada. Maka android tidak akan mati dan nyala dengan sendirinya. Aplikasi antivirus yang aku sarankan ialah AVG antivirus yang bisa kalian download di playstore secara gratis.

Setelah aplikasi di install, silahkan gunakan antivirus untuk membantu dalam setiap dilema di android anda.


3. Kurangi aplikasi yang berjalan di latar belakang



Aplikasi yang berjalan di latar belakang menimbulkan kinerja aplikasi menyusut dan lemot sehingga mampu terjadi ponsel blank,
mati sendiri dan reboot sendiri. Untuk mengatasinya sungguh mudah, anda hanya perlu menghapus beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang untuk memberi ruang pada RAM dan membuat perangkat bekerja lebih efisien.

Anda mampu memakai aplikasi Greenify untuk menghapus aplikasi yang bekerja di latar belakang atau memakai widget percepat yang telah ditawarkan di semua perangkat android.


4. Menghapus cache aplikasi



Untuk menghalangi android mati dan nyala sendiri, anda bisa menjajal cara sederhana ini ialah menghapus cache yang menumpuk di setiap aplikasi. Untuk melihat berapa banyak cacheyang ada di semua aplikasi android. Anda mampu masuk ke
pengaturan > penyimpanan > data dalam cache.

Di bagian data dalam cache adalah jumlah cache yang ada di seluruh aplikasi android yang terinstall. Untuk menghapusnya
silahkan tekan pada bab data dalam cache dan pilih OK. Maka cache di semua aplikasi android sudah terhapus.

Baca juga : cara menyembunyikan aplikasi android dengan gampang dan cepat

File cache yang terlalu banyak di aplikasi android ternyata bisa mengakibatkan kinerja perangkat menurun dan kemungkinan terjadierror mirip perangkat tiba - tiba mati, ponsel blank tidak bisa disentuh dan ponsel nyala sendiri.

Cara lain untuk menghapus cache aplikasi android adalah masuk ke pengaturan > aplikasi > pilih aplikasi > hapus cache. Dengan cara ini anda bisa melihat jumlah cache yang terkumpul pada setiap aplikasi android.


5. Gunakan Memory card selaku penyimpanan file



Saat anda download suatu file dari internet maka akan ditempatkan di memori internal. Terkadang, saat memori internal telah hampir sarat dan anda download file besar dari internet maka perangkat tidak akan besar lengan berkuasa dan menimbulkan notifikasi perayaan penyimpanan sarat dan menimbulkan problem perangkat yang lain.

Untuk mencegah hal ini terjadi, anda bisa mengubah penempatan download file ke memori eksternal atau memori card. Caranya masuk ke pengaturan > penyimpanan / storage > pilih memory card atau memory eksternal. Dengan menerapkan pengaturan seperti ini maka setiap anda download file di internet, file tersebut akan diposisikan di memory card.


6. Uninstall aplikasi yang jarang dipakai



Aplikasi yang terlampau banyak mampu memberatkan kinerja ponsel pintar. Oleh alasannya adalah itu, anda mesti meniadakan beberapa
aplikasi yang menurut anda tidak penting. Dengan uninstall beberapa aplikasi maka penyimpanan android bertambah danmasalah perangkat langsung diatasi.

Tidak hanya itu, aplikasi yang error atau tidak mampu dibuka juga menjadikan masalah pada perangkat termasuk hp tiba - datang mati. Silahkan periksa android anda, apakah ada aplikasi yang tidak bisa dibuka atau error. Jika ada, pribadi saja uninstall alasannya jikalau dibiarkan mampu mempengaruhi kinerja android.


7. Mengganti sim card



Masalah ponsel tiba - tiba mati atau nyala sendiri bisa disebabkan
oleh sim card yang memiliki masalah atau tidak sesuai dengan perangkat. Menurut anda, hal ini tidak berafiliasi dengan problem android datang - datang mati dan nyala sendiri. Tapi, banyak orang yang sudah mencoba cara ini dan sukses.

Ciri ciri kartu sim rusak yakni pada ketika anda memasang kartu sim, perangkat tidak inginmenyala. Jika dipasang kartu sim perangkat menyala maka kartu sim bisa terbaca dan tidak usang lalu menghilang lagi. Jika terus mirip ini maka ponsel bisa mati sendiri atau mati total.

Apa salahnya anda menjajal untuk mengubah sim card anda yang telah bertahun - tahun dengan sim card yang gres. Sim card yang sudah usang umumnya telah usang dan sering tergores sehingga membuat perangkat tidak sinkron dengan sim card dan terjadilah reboot.


8. Baterai android rusak



Jika semua cara di atas telah dijalankan dan ternyata tidak membuahkan hasil atau hp tetap sama masih mati sendiri. Anda
coba memeriksa keadaan baterai android dengan membuka bagian belakang ponsel. Anda lepaskan baterai dan amati apakah baterai kembung atau tidak, jika tidak maka baterai baik - baik saja.

Jika baterai tidak kembung, anda coba lepas baterai dari android dan biarkan selama 5 - 10 menit. Setelah itu, anda pasang kembali
baterai ke ponsel dan nyalakan android nya. Fungsi dari cara ini yakni untuk menawarkan daya ulang pada perangkat supaya tidak menyebabkan gagal sinkron antara baterai dan perangkat.

Demikian yang bisa aku jelaskan, biar berguna untuk anda dan keluarga. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di blog untuk mendapatkan wawasan dan cara menangani duduk perkara pada kehidupan anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel