10 Cara Mudah Sinkronisasi Gmail Dengan Segera Di Android

10 Cara Mudah Sinkronisasi Gmail Dengan Cepat di Android



 Cara Mudah Sinkronisasi Gmail Dengan Cepat di Android 10 Cara Mudah Sinkronisasi Gmail Dengan Cepat di Android


Mengirim pesan lewat email masih dikerjakan oleh sebagian masyarakat indonesia. Google mail atau Gmail merupakan layanan populer yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Gmail memiliki penyimpanan dengan kapasitas yang besar sehingga banyak diminati para pengguna email. Gmail lebih populer ketimbang yahoo atau hotmail.

Gmail mampu diakses di PC maupun smartphone. Gmail terus meningkatkan kualitasnya demi menjaga popularitas di kalangan layanan email lainnya.

Gmail paling gampang diakses di android karena bisa membuat dan membuka pesan dengan mudah tanpa adanya halangan mirip di PC.

Tapi beberapa masalah kerap dialami pengguna Gmail seperti sinkronisasi yang bermasalah sampai gmail yang datang - datang log out sendiri sehingga anda harus log in ulang.

Jika sinkronisasi gmail anda memiliki masalah maka gmail akan mengalami beberapa persoalan seperti:


A. Aplikasi gmail tidak mampu di buka 



Terkadang ketika sinkronisasi gmail tidak terhubung, aplikasi gmail sukar untuk di buka. Biasanya berhenti di menu utama dan pesan gmail tidak timbul.


B. Tidak mampu mengantaremail



Saat sinkronisasi gmail tidak terhubung maka anda tidak mengirim email ke orang lain sampai sinkronisasi benar - benar terhubung.


C. Tidak mampu membaca email



Pasti anda pernah dikala anda ingin membaca email tapi sukar atau lama untuk di buka. Masalah ini juga terdapat pada sinkronisasi gmail yang tidak terhubung.


D. Tidak bisa menerima email



Saat anda cek inbox gmail di hp tidak ada apa - apa. Tapi dikala anda membuka email di PC terdapat aneka macam email baru. Hal itu menerangkan bahwa sinkronisasi gmail di android memiliki masalah.


E. Muncul peringatan di notifikasi



Masalah ini yang sering dialami para pengguna gmail. Android anda mungkin pernah timbul notifikasi "akun tidak disinkronkan" atau "sinkronisasi akun bermasalah".

Baca juga : 5 cara meminimalkan kuota ketika nonton youtube

Hal ini terjadi karena anda sebelumnya mengubah kata sandi melalui browser atau PC sehingga dikala ingin diakses di android terjadi error saat sinkronisasi.  Lalu, bagaimanacara menanggulangi sinkronisasi yang bermasalah pada android. Mari kita bahas.

Gmail berperan penting dalam kelangsungan hidup kita. Saat kita berbisnis, membuat facebook, instagram atau hal lainnya anda perlu memakai email. Masalah yang sering dialami pengguna Gmail adalah dilema sinkronisasi yang terhenti saat ingin digunakan. Sinkronisasi berperan dalam penerimaan pesan email atau mengirim pesan email.

Lalu, apa yang mengakibatkan sinkronisasi gmail menjadi bermasalah ? Sinkronisasi gmail memiliki masalah disebabkan oleh aplikasi gmail yang belum di update, penyimpanan internal penuh, koneksi internet yang bermasalah dan lain - lain.


Cara sinkronisasi gmail dengan segera di android



1. Aktifkan sinkronisasi di pengaturan android


Untuk proses sinkronisasi gmail berlangsung lancar. Anda juga mesti mengaktifkan sinkron di bab pengaturan android. 

Caranya buka pengaturan android kemudian masuk ke akun dan pilih google lalu pilih email yang ingin di sinkronkan. Pilih tombol titik tiga di pojok kiri atas dan pilih sinkronkan sekarang.


2. Aktifkan sinkronisasi di aplikasi gmail



Jika ingin mendapatkan email baru dari luar aplikasi maka anda harus mengaktifkan sinkronisasi di aplikasi gmail. Caranya buka aplikasi gmail pilih hidangan titik tiga di pojok kiri atas sehabis itu pilih setelan lalu pilih email yang ingin disinkronkan, pilih dan refresh akun. Kemudian cari synch gmail di bab data usage, centang pada kolom synch gmail.


3. Restart android anda



Mungkin ini yakni cara pertama yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki sinkronisasi gmail. Tidak salah bila anda restart android, mampu jadi sinkron error alasannya adalah tata cara android yang tidak merespon.


4. Matikan dan nyalakan data seluler



Jika data seluler anda mati sudah terperinci tidak mampu mengakses gmail. Untuk mengakses anda harus online terlebih dulu. Jika data seluler sudah dinyalakan tetapi tidak mampu refresh, anda mampu matikan tunggu beberapa dikala lalu nyalakan kembali data seluler. Atau anda bisa nyalakan mode pesawat lalu matikan dan nyalakan data seluler lalu masuk ke gmail.


5. Bersihkan penyimpanan internal android


Kita semua tahu bahwa penyimpanan android yang sarat mengakibatkan beberapa problem pada android termasuk juga sinkronisasi gmail. Sinkronisasi gmail akan terputus saat penyimpanan android nyaris sarat , anda cuma perlu membersihkan sebagian file yang memenuhi penyimpanan. Bersihkan file hingga notifikasi penyimpanan hampir penuh hilang lalu masuk ke aplikasi gmail dan coba refresh. 

Baca juga : cara mengembalikan file android yang terhapus


6. Update aplikasi gmail



Gmail yang gagal sinkron disebabkan aplikasi gmail yang sudah usang tidak di update. Anda harus update aplikasi gmail supaya bisa diakses kembali. Cara update aplikasi gmail: Buka playstore > cari gmail di kolom pencarian > update aplikasi. Setelah di upate maka gmail akan mengirimkan pesan email pada anda yang tertahan saat sinkron error.


7. Paksa berhenti dan hapus cache aplikasi gmail



Cache merupakan file dalam aplikasi yang sering menyedot penyimpanan android. Dan file juga mampu menciptakan aplikasi bermasalah tergolong gmail. Cara menghapus cache yaitu masuk ke pengaturan > aplikasi > cari gmail > hapus cache. Memberhentikan aplikasi gmail acap kali mampu untuk memulihkan sinkronisasi gmail. Caranya masuk ke pengaturan > aplikasi > cari gmail > paksa berhenti. Setelah itu, coba masuk ke aplikasi gmail dan coba refresh. 


8. Log out dan log in gmail



Cara ini ampuh untuk menangani sinkronisasi yang berurusan anda cukup log out dari gmail lalu log in kembali ke gmail anda. Pertama masuk ke aplikasi gmail > tekan tiga garis vertikal di pojok kiri atas > tekan foto gmail > pilih kelola akun > pilih google > pilih akun yang ingin di log out >  tekan tiga titik horizontal di pojok kanan atas > pilih hapus akun. Kemudian cara log in kembali. Masuk ke pengaturan > akun > tambahkan akun > google > pilih akun yang sudah ada > lalu masuk.


9. Hapus data gmail



Cara ini bisa anda kerjakan saat gmail berhenti di hidangan utama sehingga tidak mampu membuka email atau aplikasi gmail berhenti sendiri. Caranya masuk ke pengaturan > aplikasi > cari aplikasi gmail > hapus data. Setelah itu coba buka kembali aplikasi gmail dan aplikasi akan berjalan wajar sebab menampung data - data baru.


10. Perbaiki kesalahan akun



Masalah ini ditandai dengan hadirnya notifkasi "akun tidak disinkronkan" sehingga menciptakan gmail tidak mampu beroperasi.

Hal ini disebabkan alasannya anda mengganti password di PC kemudian anda menggunakan gmail di android sehingga anda terpaksa harus log out dan log in gmail seperti cara no.8 di atas. 


Kesimpulan



Masalah pada aplikasi gmail atau sinkronisasi pada umumnya mampu di atasi dengan satu cara. Tapi tergantung dengan tingkat persoalan yang mesti di atasi.

Saya sendiri juga pernah mengalami gmail stuck pada hidangan utama dikala aku ingin menyaksikan instruksi ganti facebook. Lalu aku restart android aku dan gmail pun kembali wajar .

Demikian beberapa cara untuk menangani sinkronisasi gmail yang berurusan. Semoga postingan ini bisa berfaedah untuk anda dan juga keluarga.    

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel